advertorial bisnis finansial hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

Review Website Penghasil Uang dengan Blog

3 Apr 2021 - 10:45

Bagi saya menulis di blog bukan sekedar hobi. Awalnya karena suka tulisan saya bisa live di internet. Dulu saya pakai Joomla sebelum pindah ke WordPress. Saya tidak begitu peduli apakah dari blog bisa mendapatkan uang atau tidak. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan saya tidak dibayar atau mendapatkan keuntungan apapun dengan merekomendasikan website tersebut.

Setelah beberapa tahun berjalan, ternyata mendapatkan uang dari blog itu bukan sesuatu yang aneh dan mustahil. Seingat saya, pertama kali dapat uang dari internet itu dari Blogsvertise. Saya cek websitenya masih ada.

Model bisnisnya adalah blogger menulis artikel yang membahas produk atau website si pengiklan dengan menyisipkan 1 atau 2 link dari dalam artikel. Sering juga disebut paid content placement dan ternyata model bisnis seperti ini masih ada sampai sekarang.

Bedanya, sekarang ada banyak website lokal seperti Blogsvertise yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang menggunakan blog. Di artikel ini saya akan coba mengulas kelebihan dan kekurangan dari website tersebut. Tentunya semua berdasarkan pengalaman pribadi.

Sosiago

Dulunya bernama iblogmarket kalau tidak salah. Beralamat di Sosiago.id. Saya menjadi member sejak tahun 2018 dan sampai saat ini masih sering mendapatkan job dari Sosiago.

Di Sosiago ada sistem Offering dan Direct. Setiap ada campaign baru akan dikirim email oleh Sosiago, jika berminat kita bisa join di campaign tersebut. Nanti pengiklan akan memilih dari ribuan blog yang join, kalau rezekinya pasti terpilih.

Untuk jenis task atau tugasnya ada 2: Publish dan Create. Menulis artikel sendiri atau tinggal upload artikel yang sudah disediakan pengiklan. Saya suka task Publish karena sangat mudah dan bayarannya lumayan lho, Rp75.000 cuma upload saja.

Tampilan dashboard Sosiago
Tampilan dashboard Sosiago

Di Sosiago tidak ada proses moderasi ketika menambahkan blog baru. Blognya langsung aktif jika sudah berhasil terverifikasi menggunakan kode HTML. Kita juga bisa atur sendiri harga sesuai keinginan. Nah blog yang sudah terdaftar itu bisa join ke campaign asalkan sesuai kriteria.

Soal tampilan, Sosiago ini sangat user-friendly, mudah digunakan dan loadingnya cepat. Semua informasi terkait task jelas dan mudah dipahami. Saya tidak menemukan kekurangan Sosiago di bagian tampilan websitenya.

Soal pembayaran, Sosiago yang terbaik menurut saya. Tidak perlu repot melakukan “withdraw” dan tidak ada minimal pembayaran! Ini keren banget. Jadwal pembayarannya juga jelas dan sering tepat waktu, antara tanggal 14 - 16 setiap bulannya.

Nah buat kalian yang punya blog dan ingin mendapatkan penghasilan dari blognya. Coba deh daftar Sosiago, mereka juga punya layanan support yang manusiawi alias mereka membalas pertanyaan kita. Berbeda dengan website yang akan bahas setelah ini.

Vira

Terbaik setelah Sosiago tapi dengan beberapa kekurangan. Beralamat di Vira.id. Di Vira tidak ada job atau task Publish, semuanya harus ditulis oleh bloger. Tarifnya termasuk murah jika dibandingkan dengan Sosiago, Rp105.000 harus menulis artikel minimal 500 kata. Di Sosiago saya sering dapat task Publish senilai Rp112.500.

Soal tarif itu tidak masalah, kalaupun saya bayar penulis masih ada untung. Setelah kita punya blog yang aktif di akun Vira, baru bisa gabung ke Task yang tersedia. Verifikasi blog di Vira sangat lama dan jangan harap bisa bertanya ke CS, Vira tidak mempunyai fitur support seperti Sosiago.

Hal yang menyebalkan dari Vira adalah ketika melakukan Bid harus satu per satu, bayangkan kalau punya ratusan blog. Waktumu akan terbuang percuma hanya untuk mengklik satu per satu. Tidak ada fitur bulk select seperti Sosiago.

Tidak bisa pilih semua blog.
Tidak bisa pilih semua blog.

Soal tampilan dan UX (User eXperience) Vira ini kurang bagus. Saya hampir terjebak dengan brief tugas yang harus dikerjakan. Informasi yang tampil di halaman My Task tidak sesuai dengan brief sebenarnya yang harus diklik dulu. Cukup merepotkan.

Harus teliti cek anchor text sebelum menulis kalau tidak mau revisi.
Harus teliti cek anchor text sebelum menulis kalau tidak mau revisi.

Soal pembayaran, tidak ada fitur “withdraw otomatis” seperti Sosiago dan minimal pembayarannya tinggi yaitu Rp300.000. Jadi kalau cuma dapat 1 task senilai Rp100.000 maka jangan harap uang tersebut bisa dicairkan bulan depannya.

Kalaupun saldo kamu lebih dari Rp300.000 tapi lupa klik Request Money, ya jangan harap uang tersebut akan datang sendiri ke rekening.

Administrator will review your cashout request and process it within the maximum of 14 business days. Thanks! Durasi sejak klik Request sampai ditransfer sekitar 30 hari.

Padahal ada tulisan:

Good news, your payout request will now be faster thanks to Xendit! No more waiting and no more transactional fees! Administrator will review your cashout request and process it within the maximum of 14 business days. Thanks!

Mungkin lupa mereka edit.

Good news?
Good news?

Walaupun begitu Vira tetap saya rekomendasikan untuk bloger yang ingin mendapatkan penghasilan dari blognya. Cuma ya harus sabar. Sepertinya ini dulu review website penghasil uang untuk blog. Masih ada 1 lagi yang belum saya bahas.

Blogpartner

Sepertinya punya Blibli, soalnya bentuk pembayaran dari Blogpartner bukan uang seperti Sosiago dan Vira tapi voucher Blibli. Nilainya Rp 150.000 dengan minimal belanja Rp 160.000, kurang dari itu tidak bisa. Artikel yang ditulis pun tentang produk yang ada Blibli. Beralamat di blogpartner.id. Soal pembayaran tidak pasti, kadang cepat cuma 1 hari, pernah telat sampai 30 hari lebih.

Google AdSense

Rasanya hampir semua bloger pasti ngerti nama ini. Dulu saya pernah merasakan gurihnya AdSense, tapi karena cara yang saya pakai blackhat (mengambil konten blog lain) akhirnya akunnya terhapus. Sekarang saya mencoba memulai dari awal dengan akun baru dan konten original. Penghasilan Google AdSense berbanding lurus dengan jumlah kunjungan. Semakin ramai yang buka blognya semakin besar pula penghasilannya.