advertorial bisnis finansial hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

HTMLy Databaseless CMS Buat Kamu yang Bosan WordPress

5 Apr 2021 - 19:41

Ngomongin soal blog pasti keingetnya kalau ga WordPress ya Blogger. Padahal ada banyak lho CMS yang bisa dipakai untuk bikin blog. HTMLy ini disebut pembuatnya sebagai databaseless PHP blogging platform, flat-file CMS. Sama-sama pakai PHP seperti WordPress cuma bedanya tidak ada database. Efeknya? Lebih ringan dan cepat. Slogan HTMLy jelas tertulis di websitenya, “It’s truly fast. No BS!” Mantap kan?

Dulu sebelum pakai Hugo, GituAja.com sempat pakai HTMLy. Bukan karena HTMLy jelek, saya ingin membuat blog yang benar-benar statis tanpa kode PHP atau database. Walaupun begitu Hugo agak ribet cara pakainya, pemula yang baru belajar bikin blog bisa demam kalau disuruh langsung pakai Hugo. Hee bercanda kok, cuma ya tidak semudah WordPress, Blogger atau HTMLy ini.

HTMLy ini cocok banget untuk pemula, ga perlu bikin database seperti WordPress. Halaman adminnya juga mudah dipahami. Pembuat HTMLy orang Indonesia lho, namanya Danang Probo Sayekti, cek blognya yang tentu saja pakai HTMLy.

Install HTMLy Melalui Online Installer

Ada 2 cara instalasi HTMLy, yang paling mudah adalah online installer. HTMLy ini databaseless jadi ga perlu bikin database dulu. Download versi terbarunya di GitHub, pilih online-installer.php. Saya sih yakin tanpa tutorial pun pada bisa, saking mudahnya.

Gunakan FTP client seperti Cyberduck, FileZilla atau kalau pakai cPanel langsung di File Manager.

Taruh file online-installer.php di direktori utama, biasanya sih www atau public tergantung hosting masing-masing. Install di direktori juga bisa. Di contoh ini saya install di localhost, tapi hasilnya nanti sama saja dengan instalasi di hosting beneran.

Buka alamat example.com/online-installer.php (kalau ditaruh di direktori lain, tinggal sesuaikan saja). Nanti muncul tampilan seperti ini. Isi semua datanya sesuai keinginan.

Isi data sesuai keinginan. Kalau ingin ada fitur komentar, pilih Facebook atau Disqus.
Isi data sesuai keinginan. Kalau ingin ada fitur komentar, pilih Facebook atau Disqus.

Ganti Tema HTMLy

Pastikan file online-installer.php sudah hilang, seharusnya sih hilang sendiri. Kalau proses instalasi berhasil nanti langsung diarahkan ke halaman Add content untuk menulis konten. Sabar, kita install dulu tema untuk HTMLy. Saat ini pilihannya sedikit, baru ada 7 theme HTMLY. Pilih yang kalian suka lalu download.

Taruh di folder themes lalu extract. Masuk ke pengaturan Setting > Config pilih Blog Theme yang tadi didownload, klik Save config. Kalau berhasil nanti tampilan blognya tentu saja berubah seperti ini misalnya, saya pakai tema Fairy.

Ganti temanya biar fresh.
Ganti temanya biar fresh.

Tunggu apalagi? Segera tulis artikel. Jangan lupa buat kategorinya dulu karena kita ga bisa bikin kategori langsung di halaman Add Content. Untuk halaman profil bikinnya di Static pages. Mudah banget kan?