advertorial bisnis finansial gim hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop

23 Apr 2021 - 16:31

Ketika pertama kali pakai iPhone 5s saya sempat bingung bagaimana cara memindahkan file dari iPhone ke laptop. Saya terbiasa dengan Android yang begitu kabel USB dipasang langsung tampil di Explorer. Ternyata walaupun sesama produk Apple tidak bisa semudah itu untuk transfer file (foto, video, atau dokumen pdf) ke MacBook.

Parahnya ternyata Files, aplikasi bawaan iOS tidak berguna sama sekali. Tidak bisa untuk memindahkan file dari MacBook ke iPhone apalagi sebaliknya. Sebelumnya saya pakai aplikasi bernama Air Transfer untuk keperluan transfer file dari laptop ke iPhone dan sebaliknya melalui WiFi.

Sejak download aplikasi Documents semua fitur itu ada dalam 1 aplikasi. Transfer file via WiFi bisa, pakai kabel USB juga bisa. Untuk file berukuran besar di atas 100 MB saya lebih suka via USB, kecepatannya bisa sampai 20 MB/s jadi file 1 GB bisa dipindah dalam waktu kurang dari 1 menit.

Download Documents

Cari aplikasi bernama Documents di App Store. Aplikasi ini fungsinya banyak banget bahkan ada VPN. Lebih lengkapnya cek deskripsi aplikasinya saja. Beberapa diantaranya yang sering saya pakai:

  • Browser: Di Documents kita bisa browsing internet, download file, menyimpan halaman website, dll.
  • File Manager: Fiturnya jauh lebih baik daripada Files. Bisa create, rename folder, baca PDF dan zip/unzip.

Untuk fitur lain dari Documents silakan eksplorasi sendiri sesuai kebutuhan.

PC ke iPhone via USB

  1. Sambungkan iPhone ke laptop via kabel USB.
  2. Buka Documents, pilih Connections > Computer.
  3. Di laptop buka alamat https://172.20.10.1 (atau yang tertera di aplikasi).
  4. Masukkan kode 4 digit yang tampil di aplikasi ke browser.
Transfer File dari iPhone ke Laptop via USB.
Transfer File dari iPhone ke Laptop via USB.
Tampilan Documents di browser.
Tampilan Documents di browser.

Sampai tahap ini pasti ngerti ya cara pakainya. Kalau mau pindahin file laptop ke iPhone klik Upload Files atau bisa juga drag-n-drop dari Finder langsung ke folder yang diinginkan. Kita juga bisa bikin folder baru atau rename folder di sini. Kalau download folder nanti otomatis dikompres dulu ke file zip.

iPhone ke PC via WiFi

Pastikan iPhone dan laptop/komputer berada di jaringan WiFi yang sama. Langkah selanjutnya sama dengan cara di atas. Kelemahan cara transfer file via WiFi adalah kecepatannya tidak bisa lebih dari 5 MB/s berbeda dengan via USB yang bisa sampai 20 MB/s.

Tidak Perlu Lagi Photos di Mac

Ribetnya transfer foto atau video pakai Photos adalah filenya harus diekspor dulu baru bisa diedit menggunakan image editor. Nah Documents ini bisa mengakses foto/video di Photos iPhone jadi bisa ditransfer ke laptop/komputer ke folder mana saja tanpa harus membuka aplikasi Photos di MacBook.

Bagaimana? Mudah banget kan cara pindahin file dari iPhone ke laptop atau sebaliknya tanpa Photos atau iTunes. Kalau ponselnya Android bisa pakai Android File Transfer.