advertorial bisnis finansial hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

Cara Transfer File dari Android ke MacBook

4 Apr 2021 - 09:08

Ponsel Android tidak bisa langsung terdeteksi di MacBook, jadi harus install aplikasi Android File Transfer. Aplikasi itu resmi dari Android bukan aplikasi pihak ketiga, jadi aman. Tidak perlu install USB driver, setelah aplikasi ini terinstall maka setiap kali ponsel Android tersambung maka otomatis aplikasinya terbuka.

Tampilan Android File Transfer di macOS
Tampilan Android File Transfer di macOS

Di aplikasi Android File Transfer akan tampil semua file yang ada di memori internal dan kartu SD. Hati-hati jangan sampai menghapus file sistem. Di aplikasi ini kita juga bisa membuat folder baru, klik saja ikon folder yang ada tanda +.

Untuk mengambil file dari Android, seleksi file yang ingin diambil lalu klik dan tahan, pindahkan ke folder di Finder. Untuk memindahkan file dari MacBook ke Android caranya juga sama.

Kalau sudah selesai langsung cabut saja kabel USB-nya, tenang saja tidak akan rusak. Cara itu yang disarankan oleh Google sendiri, karena memang di Finder tidak ada fitur eject.

Sangat mudah sekali kan? Semoga bermanfaat bagi pemilik ponsel bersistem Android yang ingin mentransfer file ke MacBook.