advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Cara Transfer Antar Bank Gratis Pakai Flip

19 Apr 2021 - 05:43

Flip, sebuah inovasi anak bangsa yang sangat paham kondisi Indonesia. Dulu sebelum pakai Flip, saya “membuang” Rp6.500 hanya untuk biaya transfer. Kalau cuma satu atau dua kali mungkin ga masalah, tapi kalau puluhan atau ratusan kali per bulan?

Hmm..bisa untuk beli paket data atau nasi padang tiap hari tuh. Oke lupakan nasi padangnya, itu makanan favorit saya. Saya sampai penasaran rasa nasi padang yang dijual di Padang seperti apa. Eh, kok jadi bahas nasi padang.

Apakah Aplikasi Flip Aman?

Flip adalah layanan transfer antar bank GRATIS. Saat pendaftaran mungkin merepotkan karena harus foto KTP dan selfie tapi data kita aman. Flip memiliki izin dari BI (Bank Indonesia). Ga percaya? Cek aja di website resmi Bank Indonesia.

Selain itu Flip berbadan hukum PT sehingga jelas siapa pendiri dan pengurusnya. Kalau sampai Flip melakukan penipuan maka sangat mudah untuk menangkap orangnya karena jelas siapa pengurusnya.

Diawasi dan diatur oleh BI
Diawasi dan diatur oleh BI

Apa Sih Untungnya Pakai Flip?

Penghematan sejak pakai Flip.
Penghematan sejak pakai Flip.

Sejak pakai Flip saya tidak pernah transfer ke bank lain pakai fasilitas ATM bersama atau internet banking. Di aplikasi Flip akan terlihat seberapa banyak penghematan. Sampai saat ini saya hemat Rp3.000.000 sejak pakai Flip pertama kali, sekitar 460 transaksi.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Flip ini cocok untuk yang sering transfer antar bank. Flip ini beneran GRATIS ga pakai tipu-tipu. Kode nominal unik saat transfer masuk ke saldo Flip kita dan jika terkumpul Rp10.000 bisa untuk beli pulsa atau ditransfer ke rekening kita.

Bagaimana Cara Kerja Flip?

Saya pakai rekening bank BNI mau transfer Rp100.000 ke teman yang pakai rekening BCA. Menggunakan aplikasi Flip, saya transfer Rp100.050 (Rp50 itu kode unik dari Flip) ke rekening BNI milik Flip. Nah, jadinya gratis karena sesama BNI.

Selanjutnya Flip menerima transfer saya dan meneruskan Rp100.000 dari rekening BCA milik Flip ke rekening BCA milik teman saya. Akhirnya, mereka semua hidup bahagia. Bagaimana, sudah paham kan kenapa transfer antar bank pakai Flip bisa gratis?

Ilustrasi cara kerja Flip.
Ilustrasi cara kerja Flip.

Cara Transfer Antar Bank

Download aplikasi Flip di App Store atau Play Store. Saat pertama kali menggunakan Flip lakukan pendaftaran sesuai permintaan. Flip diwajibkan oleh BI untuk meminta data pelanggan seperti KTP dan foto selfie.

Hal ini tentu akan bermanfat kalau ada orang jahat yang memanfaatkan Flip untuk penipuan. Selain aplikasi, Flip juga bisa diakses melalui website di https://flip.id tapi fiturnya lebih lengkap di aplikasi mobile.

1. Kirim Uang Gratis

Pilih Kirim Uang Gratis lalu +Tambah Rekening Baru
Pilih Kirim Uang Gratis lalu +Tambah Rekening Baru

Kalau pertama kali pakai Flip tampilannya mungkin berbeda. Klik +Tambah Rekening Baru, nanti rekening tersebut akan tersimpan otomatis jadi tidak perlu tambah rekening kalau transfer ke rekening yang sama.

2. Pilih Rekening Tujuan

Daftar bank yang bisa transfer antar bank gratis di Flip
Daftar bank yang bisa transfer antar bank gratis di Flip

Selanjutnya pilih bank rekening tujuan. Hampir semua bank yang umum digunakan ada di Flip.

Pilihan Bank di FlipBRIMandiriBNI/BNI SyariahJenius/BTPN/BTPN Wow!Bank Syariah Mandiri/BSI
CIMB/CIMB SyariahMuamalatPermata/Permata SyariahBRI SyariahDigibank/DBSBCA
Masukkan rekening tujuan, nominal dan berita.
Masukkan rekening tujuan, nominal dan berita.

Setelah memilih rekening bank, masukkan nomor rekening tujuan nanti akan otomatis muncul nama pemilik rekening jadi tidak perlu ketik nama. Pastikan namanya memang orang yang ingin Anda transfer.

Selanjutnya masukkan nominal transfer. Minimal nominalnya Rp10.000 dan maksimal Rp5.000.000. Masukkan berita transfer supaya terlihat di rekening penerima.

3. Konfirmasi Transaksi

Jangan buru-buru, pastikan semuanya benar. Cek lagi nama, nomor dan nominal.
Jangan buru-buru, pastikan semuanya benar. Cek lagi nama, nomor dan nominal.

Kalau transfer di luar jam operasional Flip (07.00 - 20.00) nanti tampil seperti ini. Klik Lanjut saja, transaksi akan diproses otomatis saat jam kerja. Di halaman ini pastikan nama, nomor rekening dan nominalnya benar.

Di halaman ini kita bisa menambahkan transaksi lain. Klik saja +TAMBAH TRANSAKSI. Kalau sudah yakin baru klik LANJUT KE METODE PEMBAYARAN.

4. Transfer ke Flip

Pilih bank yang sama dengan rekening kita.
Pilih bank yang sama dengan rekening kita.

Sekarang pilih bank yang kita pakai, selanjutnya akan tampil rekening Flip. Lakukan transfer sesuai nominal yang tertera ke rekening Flip tersebut. Ingat! Jangan dikurangi dibulatkan nominalnya supaya transaksi berjalan mulus.

Tenang saja, kode unik Rp708 itu akan masuk ke saldo Flip kita dan kalau terkumpul Rp10.000 bisa untuk beli pulsa, paket data, atau ditarik ke rekening kita.

Langkah selanjutnya silakan transfer menggunakan ATM atau internet banking masing-masing. Saran saya, lakukan screenshot bukti transfer untuk jaga-jaga kalau salah nominal. Setelah itu buka lagi aplikasi Flip dan klik SAYA SUDAH TRANSFER.

5. Transaksi Berhasil

Bukti transfer Flip.
Bukti transfer Flip.

Kalau transfernya benar sesuai instruksi Flip biasanya transaksi diterima penerima sekitar 5 menit. Pernah ga sampai 1 menit sudah sampai, pernah juga sampai 30 menit kalau ada gangguan di bank pengirim atau penerima.

Nanti di menu Transaksi akan tampil status transaksinya, kalau berhasil akan tampil tampil bukti transfernya. Bisa kita download sebagai bukti ke penerima.

Layanan Flip Lainnya

Flip Globe, Beli Pulsa, Paket Data, Listrik PLN, Isi E-Wallet, Buat Refund, Tarik Saldo.
Flip Globe, Beli Pulsa, Paket Data, Listrik PLN, Isi E-Wallet, Buat Refund, Tarik Saldo.

Saldo Flip yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli pulsa, paket data, beli token PLN dan bayar tagihan PLN. Saya sering beli paket data Smartfren di Flip, harganya ga beda jauh dengan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee.

Isi E-Wallet OVO, Dana, GOPAY, LinkAja juga bisa lewat Flip. Salah transfer ke rekening Flip atau nominalnya ga sesuai? Pilih menu Buat Refund. Saldo kode unik yang terkumpul lebih dari Rp10.000 bisa kita tarik di menu Tarik Saldo.

Flip Globe
Flip Globe

Flip bisa transfer ke rekening luar negeri: Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang dan India. Biaya transfernya cukup hemat, Rp45.000. Selain transfer antar bank lokal, Flip bisa juga transfer ke luar negeri. Saya sendiri belum coba, silakan eksplorasi sendiri.

Yuk, mulai transfer antar bank GRATIS sekarang.

Daftar Flip