advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Tips Hidup Hemat Saat Menyewa Apartemen

18 Oct 2021 - 07:58

Menyewa apartemen biasanya begitu identik dengan anggapan gaya hidup yang mewah serta pengeluaran serba mahal. Pada dasarnya, biaya sewa apartemen hingga tagihan listrik memang tidak murah. Lebih-lebih jika kita membandingkannya dengan kost-kostan.

Tips sewa apartemen.
Tips sewa apartemen.

Tetapi, jangan salah, jika kamu bisa mengatur dengan tepat, kamu bisa hidup dengan sangat nyaman di apartemen namun tetap memiliki pengeluaran yang hemat.

Tips Hidup Hemat Tinggal di Apartemen

Agar tidak boros ketika menyewa apartemen, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti, seperti:

1. Pilih unit apartemen yang tepat

Hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih unit apartemen dengan tepat. Agar lebih mudah memilih unit apartemen sesuai dengan budget-mu, kamu bisa memilih di sewa-apartemen.net.

Di sini, kamu bisa memilih apartemen dengan lokasi tidak jauh dari alat transportasi umum seperti KRL commuter, Transjakarta maupun MRT. Dengan memiliki apartemen yang tidak jauh dari alat transportasi umum, kamu bisa menghemat pengeluaran transportasi.

Kamu bisa menggunakan kendraan pribadi ketika akhir pekan, selain itu kamu juga bisa memilih apartemen yang tidak jauh dengan fasilitas public contohnya seperti supermarket, hingga pusat perbelanjaan.

2. Pilih sewa jangka panjang

Tidak sedikit apartemen di sewa-apartemen.net yang memiliki harga sewa lebih murah bila jangka waktu penyewaannya lebih panjang. Dibandingkan dengan sewa bulanan atau bahkan harian, sewa tahunan biasanya memiliki harga yang lebih rendah. Selisihnya bisa mencapai 1 jutaan.

3. Susun anggaran dengan bijak

Penyusunan anggaran pengeluaran secara rutin menjadi sebuah kegiatan yang harus dilakukan sesudah memperoleh gaji serta penghasilan. Contohnya 40% dari gaji yang kamu miliki digunakan untuk memenuji kebutuhan pokok seperti sewa apartemen, cicilan bulanan, belanja bulanan dan lainnya.

Sedangkan 30% lainnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder, 20% dari gaji bisa digunakan untuk tabungan dan dana darurat, terakhir 10% digunakan untuk bersedekah. Pastikan anggaran bulanan yang kamu miliki sesuai dengan perencanaan.

Jika kamu sudah mengantongi besaran anggaran bulanan ini, kamu pasti akan lebih mudah menentukan mana apartemen yang harus disewa.

4. Menghemat biaya listrik

Perlu diketahui, biaya listrik yang harus kamu bayar ketika tinggal di apartemen bisa sangat besar. Apalagi ada berbagai macam alat elektronik yang kamu gunakan seperti kulkas, AC, mesin cuci, televise dan yang lainnya.

Agar lebih hemat, tidak ada salahnya kamu menggunakan listrik seperlunya, selain itu kamu bisa menggunakan lampu hemat energy yang ramah lingkungan dan lebih hemat. Matikan lampu ketika tidak digunakan, jika jam 11 sudah pergi tidur, kamu bisa mematikan seluruh lampu.

5. Belajar memasak

Tidak ada salahnya belajar memasak kemudian membeli bahan-bahan makanan kemudian memasaknya sendiri. Dibandingkan dengan membeli makanan di luar, memasak jauh lebih murah. Selain itu memasak juga bisa mengasah skillmu. Kamu bisa memilih menu-menu makanan favorit agar tidak bosan.

Sebenarnya membeli makanan di luar tidak masalah, namun kamu bisa membelinya seminggu sekali sehingga pengeluaranmu tidak boros.

6. Bedakan keinginan serta kebutuhan

Perlu diketahui, tinggal di apartemen memang bukan menjadi hal yang mudah. Oleh sebab itu kamu harus lebih bijaksana untuk menentukan mana yang benar-benar kebutuhanmu dan mana keinginanmu. Ketika membuat anggaran, kamu harus mematuhinya. Jangan mudah tergoda dengan besarnya diskon kemudian membeli barang yang kurang bermanfaat. Salah satu tips jitu agar hemat tinggal di apartemen adalah memilih apartemen sesuai dengan pendapatanmu. Kamu bisa mencari apartemen di sewa-apartemen.net, kemudian memilih biaya sewa dan biaya perawatan yang tidak akan memberatkanmu.