advertorial bisnis edukasi fashion finansial gim hosting internet kesehatan kuliner macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone teknologi transportasi website wisata

Tips Beli Mobil Baru agar Cicilan Ringan, ini yang harus Dilakukan!

27 Jul 2022 - 14:12

Membeli mobil baru secara kredit merupakan pilihan yang cukup menarik karena tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar sekaligus. Untuk pembelian mobil secara kredit, Anda hanya perlu menyiapkan DP mobil baru dan beberapa persyaratan lainnya yang dibutuhkan.

Mobil Baru
Mobil Baru

Dalam proses pembelian mobil baru secara kredit tentunya semua menginginkan cicilan yang ringan sehingga tidak terlalu membebani. Lantas, bagaimana tips yang harus dilakukan agar cicilan mobil baru lebih ringan dan tidak memberatkan? Langsung simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Tips Membeli Mobil Baru secara Kredit

Membeli mobil baru dengan cicilan yang ringan akan membuat proses pembayarannya semakin lancar. Nah, untuk mendapatkan mobil baru dengan cicilan yang ringan, Anda perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Memilih Jenis Mobil sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli mobil secara kredit, maka Anda harus memastikan jenis mobil yang dipilih sesuai kebutuhan. Apakah tipe city car atau tipe mobil dengan kapasitas besar seperti MPV. Karena jenis mobil yang dipilih akan berpengaruh pada besaran cicilan yang harus dibayar.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis mobil sesuai kebutuhan dan budget, maka solusi terbaiknya adalah menggunakan layanan kredit mobil dari SEVA. Platform beli mobil online ini menyediakan beragam fitur menarik bagi konsumen yang ingin membeli mobil baru.

Salah satunya adalah Instant Approval yang akan memudahkan Anda dalam mendapatkan mobil impian sesuai kondisi dan kemampuan finansial masing-masing. Hal ini tentu saja akan membuat Anda semakin nyaman dan lancar dalam membayar cicilan setiap bulannya.

2. DP dalam Jumlah Besar

Berdasarkan SE Bank Indonesia No.14/10/DPN, disebutkan bahwa seluruh lembaga pembiayaan dan perbankan wajib mengenakan DP atau uang muka minimal 25% untuk kendaraan bermotor roda 2 dan 30% untuk kendaraan roda 4. Agar cicilan kredit mobil Anda semakin ringan, maka sangat disarankan untuk membayar DP kendaraan dengan persentase yang lebih besar. Misalnya saja jika Anda membayar uang muka sebesar 40% maka Anda hanya perlu mengajukan kredit 60%. Meskipun masih ada tambahan biaya lainnya yang harus dibayarkan, namun setidaknya dengan uang muka yang besar, cicilan kredit mobil akan jauh lebih ringan.

3. Memilih Tenor Terpanjang

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan agar cicilan semakin ringan adalah dengan memilih tenor terpanjang yang ditawarkan. Meskipun dari segi bunga yang harus dibayarkan lebih banyak, namun besaran cicilan per bulan akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan tenor pendek.

4. Mencari Asuransi Kendaraan Sendiri

Perlu diketahui bahwa besaran cicilan yang harus dibayar biasanya dikenakan biaya tambahan untuk keperluan administrasi, beban bunga serta asuransi kendaraan. Agar biayanya lebih ringan maka tidak ada salahnya untuk mencari asuransi kendaraan sendiri.

5. Pilih Waktu yang Paling Tepat

Memilih waktu yang paling tepat untuk membeli mobil baru juga akan berpengaruh pada cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Biasanya di akhir tahun dealer akan menghabiskan stok produk yang belum laku karena di tahun berikutnya sudah ada mobil terbaru.

Membeli mobil di momen akhir tahun merupakan pilihan yang paling tepat karena pihak dealer akan memberikan penawaran harga yang lebih murah. Diantaranya adalah dengan promo berupa potongan DP hingga cahsback.

Membeli mobil baru secara kredit adalah solusi terbaik untuk mendapatkan mobil impian. Agar cicilannya ringan, pilihlah DP yang besar dan tenor yang panjang. Selain itu, gunakan platform beli mobil online yang sudah terpercaya, karena lebih transparan, jelas dan aman!