advertorial bisnis finansial gim hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

Cara Mengubah Teks Menjadi Suara di macOS

10 Apr 2021 - 05:17

Waktu lagi semangatnya belajar bikin video YouTube, saya beli kursus online tentang YouTube (harga Rp300.000). Tidak banyak yang saya dapatkan dari kursus itu.

Beberapa hal bahkan sudah pernah saya coba sendiri. Rasanya rugi sih, tapi saya salut sama pembuat kursus yang pintar bikin kata-kata sampai orang tertarik bayar Rp300.000.

Sama sekali tidak ada hal teknis cara edit video menjadi bagus atau nyaman ditonton, yang dibahas cuma pengalaman pribadi. Eh, kenapa jadi ngomongin itu orang ya.

Ya sudah, ikhlasin aja duit Rp300.000, tapi ada 1 hal teknis yang diajarin. Bikin video slideshow pakai Canva, mungkin sebagian orang menganggap ini kategori video “sampah”.

Video slide memang cuma gambar, tulisan dan audio. Hampir ga ada nilai lebihnya sih.

Pernah ada video slide buatan sendiri yang view-nya lebih dari 100 tapi kok tidak sesuai dengan hati nurani. Saya aja males nonton video slide buatan sendiri, apalagi orang lain hahaha.

Materi kursus YouTube-nya cukup membosankan sampai akhirnya saya coba improvisasi sendiri pakai aplikasi Keynote di macOS.

Malah muncul ide bikin suara AI berbahasa Indonesia dari teks, padahal sama sekali ga diajarin sama kursusnya.

Buseet, panjang amat intronya. Oke langsung aja.

Sesuai judul, ini cara mengubah teks bahasa Indonesia menjadi file audio di macOS.

Buka Automator

Aplikasi ini lokasinya tersembunyi, bahkan mungkin pengguna macOS tidak sadar ada aplikasi ini. Icon robot putih bermata biru lagi pegang cetakan lontong warna hitam.

Ketik aja di Spotlight “automator” nanti muncul tuh.

Bikin Aplikasi Sederhana dengan Automator.
Bikin Aplikasi Sederhana dengan Automator.

Pilih File > New > Application karena kita ingin membuat aplikasi sederhana yang menerima input teks kemudian diubah menjadi file audio (dengan suara robot).

Bikin Actions Automator

Bikin Actions seperti pada gambar, inputnya bisa langsung dari file tapi di contoh ini saya ambil teksnya melalui input manual.

Klik Run kalau ingin melihat hasilnya.
Klik Run kalau ingin melihat hasilnya.

System Voice silakan disesuaikan teksnya, kalau bahasa Indonesia ya pakai suara si Damayanti.

Hasilnya nanti ada aplikasi dengan icon Automator yang meminta input teks. Klik OK, langsung deh jadi file audio format M4A.

Masukkan kalimat, klik OK.
Masukkan kalimat, klik OK.

Suara si Damayanti ini memang robotic, tapi yaa okelah masih bisa dipahami.

Gampang banget kan bikin aplikasi pengubah teks menjadi suara. File audio ini rencananya saya masukkan ke video slideshow supaya ada pengisi suaranya gitu, tapi mungkin kalian punya kebutuhan yang berbeda.