advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Inilah Syarat dan Cara Monetisasi Blog Anda

29 Jul 2021 - 14:03

Mengakses internet sekarang ini sangat mudah dan menghasilkan uang secara online, salah satunya dengan membuat blog atau menjadi blogger. Namun, agar bisa menghasilkan uang lewat blog atau memonetisasi blog ada juga syarat dan caranya sendiri, terutama untuk Google Adsense yang paling terkenal. Jika Anda ingin mengetahui syarat dan cara monetisasi blog dengan Google Adsense, berikut ulasannya.

Syarat Diterima Google Adsense

  1. Konten Orisinil, Berkualitas dan Menarik Syarat pertama, pastikan konten yang Anda miliki menarik dan yang penting hasil sendiri atau bukan plagiat. Intinya harus tulisan asli sendiri, bermanfaat, lengkap, dan dibutuhkan banyak orang. Jika blog Anda ketahuan plagiat maka tidak akan diterima oleh Google Adsense.

  2. Banyaknya Pengunjung Syarat satu ini sulit untuk dijawab karena Google tidak menyebutkan angka, melainkan trafik dan pageview yang tinggi. Pada intinya banyak orang yang mengunjungi blog Anda yang akan membuat blog Anda menghasilkan pemasukan yang lumayan dari Google Adsense.

  3. Minimal Usia 18 Tahun Seorang blogger harus memiliki usia minimal 18 tahun. Jika di bawah itu akan dianggap masih anak-anak. Hal ini terkait dengan pencairan dana atau komisi Adsense di bank atau western union. Jika Anda masih di bawah umur maka tidak akan diterima oleh Google Adsense.

  4. Tidak Mengandung Konten Dewasa Blog Anda tidak boleh terdapat konten dewasa, pornografi atau vulgar, dan tidak mengandung konten yang berbau sara atau kekerasan. Jangan sampai terdapat konten berisi penindasan, pelecehan, atau yang serupa yang menganjurkan pengunjung untuk menyakiti seseorang atau kelompok.

  5. Konten Terlarang Blog Anda tidak boleh berisi konten terlarang seperti obat-obatan terlarang dan peralatannya, minuman keras, rokok dan produk turunannya, obat resep, senjata atau amunisi, produk imitasi atau tiruan dari barang bermerek, menjual atau menyebarkan tugas kuliah atau makalah, dan masih banyak lainnya.

Syarat agar bisa diterima Google Adsense memang cukup berat. Namun, jika sudah diterima maka penghasilan akan didapat dan bisa menjadi passive income.

Cara Daftar Google Adsense

Jika Anda sudah tahu apa saja syarat agar Adsense bisa diterima, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mendaftarkan blog Anda. Anda bisa membuka halaman bantuan Adsense dan membuat akun Adsense terlebih dulu dengan akun Google Anda. Anda tentu sudah memiliki akun Google jika menggunakan layanan Google seperti Gmail. Jika belum maka Anda harus membuat akun Google terlebih dulu saat membuat akun Adsense.

Cara membuat akun Google atau akun untuk Adsense, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka link https://www.google.com/Adsense/start
  2. Pilih Daftar sekarang
  3. Masukkan link url blog Anda yang akan dimunculkan iklan

Pelajari lebih lanjut mengenai cara memasukkan link url blog Anda. Selain blogger, Anda juga bisa memasukkan link YouTube atau partner host lain.

Jika Anda seorang blogger, tanda jika blog Anda juga terdaftar di Google Adsense dan mendapatkan penayangan iklan Google Adsense, maka akan muncul menu Earning atau Pendapatan. Klik menu Earning tersebut dan klik Sign up for Adsense.

Sebenarnya sangat mudah mendaftarkan blog Anda di Google Adsense dan memonetisasi blog Anda tersebut agar bisa menghasilkan uang. Namun, pastikan Anda membaca syaratnya terlebih dulu agar blog Anda bisa dengan mudah didaftarkan sehingga dapat menghasilkan uang dari blog tersebut. Seperti itulah syarat dan cara monetisasi blog dengan mudah.