advertorial bisnis finansial gim hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

8 Cara Optimasi SEO On Page Blog

12 Apr 2021 - 11:34

Kali ini saya sedang berusaha mengoptimasi SEO on-page blog ini. Sambil praktek, sekalian juga dokumentasi. Katanya cara terbaik untuk mengingat adalah dengan menulisnya. Optimasi SEO On Page adalah beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pemilik blog supaya blognya bisa tampil di hasil pencarian Google. Tidak hanya itu, optimasi SEO On Page juga bermanfaat untuk pembaca blog.

SEO On Page
SEO On Page

Sejak pakai Hugo, saya perlu beradaptasi dengan sistem Hugo yang jelas berbeda dengan WordPress. Kalau biasanya di WordPress sudah ada fitur komentar, di Hugo tidak ada karena namanya saja website statis. Hugo secara default menyediakan template Disqus, tapi saya lebih suka membuat sistem komentar sendiri (sambil belajar PHP).

Kalau di WordPress ada plugin SEO seperti Yoast atau All in One SEO Pack. Jangan harap ada plugin seperti itu di Hugo. Itulah salah satu dari kekurangan SSG (Static Site Generator).

1. Kecepatan Loading

Kecepatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pencarian, kata Google. Nah, kalau pengguna blog Hugo tidak perlu pusing, blognya pasti cepat (tergantung theme juga sih).

Blog ini sengaja saya desain minimalis, tidak banyak pernak-pernik. Semua gambar atau foto yang diupload, selalu dikompres dulu menggunakan ImageOptim supaya ukurannya mengecil.

Google PageSpeed Insight 100.
Google PageSpeed Insight 100.

Blog ini memperoleh skor 100 di Google PageSpeed Insights untuk kategori Mobile dan Desktop. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, tidak hanya desain blog.

Performa hosting juga berperan, pernah juga skor PageSpeed ini turun ke 90 mungkin karena hosting sedang sibuk. Maklum, saya pakai VPS yang berisi 30 website :D

Kalau blog WordPress bisa menggunakan plugin cache seperti WP Superfast atau W3 Total Cache.

2. Mobile Friendly

Mobile Friendly Test.
Mobile Friendly Test.

Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan tes di Google Mobile Friendly Test dan harus muncul tulisan Page is mobile friendly This page is easy to use on a mobile device.

Kalau tidak lulus tes ini dikhawatirkan sulit bersaing di halaman pencarian Google. Soalnya Google menggunakan halaman versi mobile sebagai faktor ranking.

Situs yang ramah pengguna ponsel harus bisa menyesuaikan ukuran layar ponsel yang kecil. Sekarang sudah banyak theme yang responsive jadi tidak begitu sulit untuk membuat blog atau website mobile friendly.

3. Struktur URL Singkat

Tidak hanya singkat tapi juga harus berisi kata kunci dari halaman tersebut. Contohnya saja artikel ini, saya sedang membahas SEO jadi alamatnya saya buat singkat saja /seo-on-page/.

Hal ini sangat dianjurkan Google sebagaimana tertulis di bagian Advanced SEO tentang Struktur URL dan juga ketika ingin memisahkan kata disarankan pakai tanda minus ( - ) atau garis bawah ( _ ) di dalam URL.

4. Menggunakan Judul dan Sub Judul

Menggunakan tag HTML h1, h2, h3 dan seterusnya untuk judul dan sub judul. Hal ini selain membantu pembaca menemukan bahasan artikel juga membantu Googlebot memahami konteks artikel.

Selalu buat internal link ke artikel lain. Misalnya ketika menyebutkan kata WordPress, buat link yang mengarah ke artikel tentang WordPress. Hal ini bisa membantu Google memahami kalau artikel tersebut membahas tentang WordPress.

Outbound link adalah link yang mengarah ke website lain, contohnya seperti link yang saya pasang di atas ketika mereferensikan Google. Nah ternyata link ke luar ini bisa memberikan bobot ke artikel yang kita tulis asalkan memang relevan topiknya.

7. Jumlah Kata

Backlinko.com (blog pakar SEO) menyebutkan bahwa rata-rata artikel di halaman pertama jumlah katanya sebanyak 1.447 kata. Wah banyak banget ya, saya sendiri belum mampu menulis sebanyak itu :D

Saya sering melihat ada blog tutorial yang membahas cara cek kuota Smartfren misalnya tapi paragraf awalnya panjang banget dan kelihatan berbelit-belit. Mungkin penulisnya sedang mengejar jumlah kata.

8. Kata Kunci di Judul

Seharusnya artikel yang membahas SEO On Page ada kata tersebut di judul. Begitu juga artikel yang membahas Samsung Galaxy S20, wajib ada kata itu judulnya. Disarankan kata kunci tersebut berada di awal atau tengah kalimat, contoh: Review Samsung Galaxy S20 Terbaru atau 9 Cara Optimasi SEO On Page Blog.

Sepertinya ini dulu yang saya pelajar tentang SEO On Page. Tentukan ini hanya sebagian kecil, masih ada banyak faktor seperti pemilihan kata kunci, backlink dan lainnya.