advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Pengalaman Menggunakan Rekening BNI Syariah

9 Apr 2021 - 06:05

Sebelumnya saya punya banyak rekening, BCA, BRI, Mandiri, BTPN Jenius, BNI Syariah. Maklum, dulu bisnis pulsa online. Harus punya banyak rekening supaya calon pembeli tidak kena biaya transfer. Nah, sekarang saya sudah berhenti bisnis pulsa online. Hanya punya rekening BNI Syariah dan Jenius.

Salah satu kelebihan akad Wadiah BNI Syariah adalah tidak ada biaya bulanan. Saldo yang ditahan sebesar Rp20.000 dan ada potongan Rp20.000 saat pembukaan rekening baru. Jadi anggap saja biaya pembukaan rekening sebesar Rp40.000 karena uang itu pasti hangus.

Mobile Banking BNI Syariah

Aplikasinya tersedia di iOS dan Android. Saya bertahun-tahun terbiasa menggunakan internet banking milik BCA. Walaupun tampilannya sederhana tapi cepat.

Mobile banking BNI Syariah tidak seburuk BRI yang sering gangguan. Cuma ya jangan berharap semudah dan secepat BCA, apalagi fasilitas mobile banking ini tanpa biaya bulanan.

BNI Debit Online

Untuk pembayaran tagihan di luar negeri saya pakai kartu kredit, sampai ada inovasi pintar dari Jenius. Kartu debitnya bisa untuk transaksi online di luar negeri.

BNI Debit Online sih katanya bisa untuk transaksi online, tapi setelah saya coba membayar VPS online ternyata gagal dan kena biaya Rp5.000. Mungkin hanya bisa untuk transaksi domestik.

Biaya Tarik Tunai ATM BNI Syariah di BRI Gratis?

Ada kejadian yang cukup aneh beberapa hari terakhir ini ketika tarik tunai di ATM BRI. Bank yang saya pakai BNI Syariah dan saya selalu tarik tunai di ATM BNI, supaya tidak kena biaya ATM Bersama. Padahal dekat rumah ada ATM BRI, tapi saya lebih memilih ATM BNI yang berada jauh di kota.

Biaya Rp8.000 lumayan buat beli bensin, ya kecuali kalau lagi kepepet banget saya baru tarik tunai di ATM BRI. Apalagi saya suka naik motor, ya sekalian jalan-jalan ke kota.

Saya baca sih info tentang merger BSM, BRI Syariah dan BNI Syariah menjadi BSI (Bank Syariah Indonesia) tapi saya ga menyangka kalau biaya tarik tunai di ATM Bersama jadi gratis.

ATM di daerah saya ini BRI konvensional bukan BRI Syariah. Sampai suatu ketika saya kepepet butuh uang tunai cepat dan tidak mungkin jalan-jalan dulu ke kota.

Saya kaget ketika cek saldo hanya berkurang sesuai nominal yang saya tarik. Tidak ada potongan Rp 8.000. Saya cek website ATM Bersama tidak ada perubahan biaya, tetap Rp8.000

Apa ada gerangan? Bagaimana mungkin tarik tunai kartu ATM BNI Syariah di ATM BRI bisa gratis? Apakah ada kebijakan baru?

Entahlah, yang pasti saya sudah beberapa kali tarik tunai di ATM BRI ini dan setiap saya cek saldo tidak ada biaya tarik tunai.

Tidak ada potongan Rp8.000 seperti biasanya. Lumayan kan hemat Rp16.000.
Tidak ada potongan Rp8.000 seperti biasanya. Lumayan kan hemat Rp16.000.