advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Pengeluaran Blogger Full Time Selama 1 Tahun

12 Apr 2021 - 07:53

Sejak 2010 menjadi bloger full time. Ada beberapa alasan kenapa saya memilih menjadi bloger, salah satunya adalah karena saya cuma lulusan SMP. Mustahil bisa dapat pekerjaan yang layak. Saya kurang bisa berwirausaha, sekalinya coba langsung rugi. Akhirnya balik lagi jadi bloger.

Saya ga pernah menghitung pengeluaran secara rinci, kalau ada uang masuk saya pakai feeling aja langsung untuk bayaran ini itu dan sisanya untuk kebutuhan hidup keluarga.

Sejak pandemi, ternyata pekerjaan bloger terkena dampaknya juga. Beberapa email dari klien bilang advertiser mengurangi anggaran periklanan. Penghasilan pernah menurun drastis.

Mulai sejak saat itu saya mulai mencatat pengeluaran, membuat prioritas pengeluaran dan tentu saja mulai menabung.

Di artikel ini saya mencoba menuliskan perkiraan total per tahun terkait bisnis blog. Saya sendiri kaget ternyata kalau ditotal lebih dari Rp5.000.000 dalam 1 tahun.

24 DomainRp4.000.000
InternetRp540.000
HostingRp1.050.000
TotalRp5.590.000

Biaya Domain

Sampai saat ini saya baru punya 24 blog, sangat jauh dibandingkan master blogger lain yang punya 50 bahkan 500 blog juga ada.

Masing-masing domain punya biaya renewal yang berbeda. Saya coba hitung dengan harga registrar lokal dan kurs rupiah Rp14.000/USD.

Biaya renewal paling mahal adalah domain .is. Biayanya Rp500.000/tahun, tapi karena saya suka namanya jadi saya perpanjang terus sejak April 2012.

Sebagian besar domain saya daftarkan di registar luar negeri seperti Namesilo. Untuk menghemat pengeluaran, saya selalu mencari info promo transfer domain.

Bulan kemarin saya iseng listing domain di Afternic dan ternyata terjual. Domain .com modal cuma Rp150.000/tahun bisa terjual Rp2.200.000.

Lumayan, jadi tidak perlu perpanjang domain malah bisa tambah domain lagi :D

Biaya Koneksi Internet

Saya pakai Smartfren paket 14 GB 28 hari, Rp55.000 per bulan. Kuota segitu cukup untuk browsing bahan menulis artikel, download gambar, blogwalking, dll.

Kalau butuh download yang agak besar seperti download video YouTube atau aplikasi saya pakai kuota malam jadi kuota utama tidak terpakai.

Biaya Hosting

Saya pakai VPS luar seharga US$6 per bulan, kapasitasnya 30 GB dan sampai sekarang sudah terpakai 18 GB. Di VPS ini juga ada website klien, karena tidak ada website yang trafiknya tinggi jadi spesifikasi 1 CPU & RAM 1 GB masih aman.

Lain-lain

Sebenarnya ada biaya lain seperti penulis. Saya tidak pernah menulis advertorial sendiri, jadi kalau ada yang pesan artikel review pasti langsung saya oper ke penulis. Biayanya Rp15.000/artikel (500 kata).