advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

GituAja.com Sekarang Punya Fitur Komentar

8 Apr 2021 - 12:58

Sejak pakai Hugo, saya baru sadar ternyata ada yang kurang. Tidak ada fitur komentar. Salah satu kekurangan website statis tidak ada komentar built-in seperti WordPress. Blog ini sekarang mungkin sepi, belum ada pengunjungnya kecuali saya sendiri.

Awalnya saya berpikir tidak perlu pasang fitur komentar, tapi rasanya belum lengkap disebut blog tanpa komentar. Sebenarnya sih di Hugo ada internal template untuk Disqus, tapi saya tidak tertarik untuk pakai Disqus. Tidak bisa kirim komentar anonim.

Kekurangan lain dari Disqus adalah iklan di setiap halaman yang memuat kode JavaScript Disqus. Ada Staticman khusus website statis, tapi sayangnya repo harus berada di Github sedangkan blog ini self-host. Solusinya pakai JavaScript, karena tidak mungkin pakai PHP. Entah kenapa file PHP tidak bisa berjalan di domain ini. Jadi terpaksa pakai domain lain.

Setelah browsing seharian saya ketemu tutorial membuat sistem komentar dengan PHP, JavaScript dan MySQL. Tutorial selengkapnya bisa lihat CodeShack. Sangat mudah untuk diikuti, cocok untuk website statis lain seperti Jekyll atau HTML sekalipun.

Untuk style saya sesuaikan dengan Bootstrap supaya pas dengan tampilan blog. File PHP cuma 1 dan nanti dipanggil dengan fetch. Perlu sedikit memodifikasi beberapa bagian supaya bisa bekerja:

  1. Menggunakan {{ .File.UniqueID }}. Ini untuk menentukan di artikel mana komentarnya tampil.
  2. {{ .Title }}. Ini untuk menampilkan judul artikel, kalau ini fungsinya untuk saya sebagai admin supaya mudah melihat komentar tersebut ada di artikel apa.
  3. Penambahan field website/blog seperti form komentar pada umumnya.

Sistem komentarnya walaupun sederhana, sudah mendukung model nested reply jadi bisa membalas komentar lain dengan tampilan di bawahnya. Nah, dengan adanya fitur komentar ini maka blog statis bisa menjadi dinamis seperti WordPress atau Blogger.