advertorial bisnis finansial gim hosting internet macos opini properti rekomendasi smartphone website

Review Paket Data Kuota Nonstop Smartfren

6 Apr 2021 - 11:02

Salah satu kelebihan internet mobile itu bisa dibawa keluar rumah. Berbeda dengan internet fiber seperti Indihome. Kebetulan juga di daerah saya tinggal tidak ada jaringan Indihome. Pekerjaan saya online, wajib punya koneksi internet. Dulu sebelum Smartfren, saya pakai by.U Telkomsel.

Awalnya saya ga nyangka Smartfren bisa dipakai disini. Saya berasumsi, kalau by.U saja lambat apalagi operator lain yang jaringannya tidak seluas Telkomsel. Ternyata saya salah, Smartfren jauh lebih stabil dan kencang daripada by.U. Harganya juga mirip.

Hasil speed test by.U. Ini sebabnya saya pindah pakai Smartfren. Nama besar Telkomsel bukan jaminan.
Hasil speed test by.U. Ini sebabnya saya pindah pakai Smartfren. Nama besar Telkomsel bukan jaminan.

Budget untuk internet saya batasi di bawah Rp60.000. Ada banyak paket data Smartfren pilihan kuota yang berbeda. Saking banyaknya saya sempat bingung mau beli paket yang mana, selengkapnya buka saja website Smartfren.

Disini saya akan mengulas 2 paket data Smartfren yang masuk di budget saya.

Kuota Nonstop 14 GB 28 hari

Harga Rp45.000 dapat kuota total 14 GB selama 28 hari.
Harga Rp45.000 dapat kuota total 14 GB selama 28 hari.

Kuota ini cocok dengan budget saya, harganya Rp45.000 dapat kuota 14 GB selama 28 hari. Kuota malamnya unlimited mulai jam 01.00 - 04.59, ga disebutkan berapa FUP-nya tapi saya pernah download lebih dari 9 GB masih kencang. Kata Smartfren sih begini: Batas pemakaian wajar Benefit Extra Unlimited Malam Full Speed disediakan sangat cukup untuk pemakaian normal rata-rata pelanggan.

Supaya kecepatan maksimal saya pakai SSH tunnel di Firefox atau Free Download Manager.

Pernah tembus 2 MB/s, download file 1 GB cuma 15 menit.
Pernah tembus 2 MB/s, download file 1 GB cuma 15 menit.

Unlimited Lite Smartfren 28 hari

Unlimited Lite Smartfren 28 hari
Unlimited Lite Smartfren 28 hari

Saya kurang sreg dengan istilah unlimited harusnya FUP saja. Unlimited itu kan artinya tanpa batas, ini kan ada batasan FUP. Jadi anggap saja, kuotanya 500 MB/hari seharga Rp55.000, lebih dari itu tetap bisa internetan tapi kecepatan turun ke 128 Kbps.

Perlu diketahui 128 Kbps itu tidak manusiawi untuk zaman now. Download file 1 GB baru selesai dalam waktu 19 jam! Buka video 10 MB di WhatsApp misalnya, nunggu sekitar 10 menit :D

Nah, kata unlimited itu cuma istilah marketing saja. Paket ini ada Extra Unlimited Malam, jadi bisa dimanfaatkan untuk download sepuasnya mulai dari jam 01.00 - 04.59 tanpa mengurangi kuota utama 500 MB/hari.

500 MB x 28 hari = 14 GB. Ternyata sama dengan paketan Kuota Nonstop 14 GB seharga Rp45.000. Kalau saya sih lebih milih Kuota Nonstop 14 GB, karena bisa saja di hari tertentu pemakaian lebih dari 500 MB.

Cara Pembelian Paket Data

Beli paket data Smartfren paling mudah menurut saya lewat marketplace seperti Tokopedia, kadang saya beli lewat Flip. Pilihan paketnya lebih lengkap kalau beli langsung di aplikasi MySmartfren.

Anehnya, cuma ada metode bayar e-wallet tanpa transfer bank (virtual account). Cara lain ya isi pulsa dulu baru beli paketnya di MySmartfren. Ribet sih, tapi ini satu-satunya cara kalau ga punya e-wallet tapi mau beli paketan khusus MySmarfren.

Cara Cek Pemakaian Kuota

Saya lebih suka cek kuota lewat WhatsApp resmi Smartfren, harus chat pakai akun nomor Smartfren. Add dulu nomor Smartfren. Sayang sekali, cek kuota lewat WhatsApp sekarang sering gangguan, ga langsung ada balasan.

Males sih cek kuota lewat aplikasi MySmarfren. Cuma mau cek kuota ribet banget harus liat iklan, games ga jelas, poin ini itu.

Semoga saja Smartfren tidak bermasalah seperti by.U. Soalnya disini XL, Axis dan IM3 tidak layak pakai internetnya. Kalau Smartfren bermasalah juga, terpaksa pasang wifi lokal yang muahal sekali, kecepatan 1 Mbps - Rp 100.000/bulan O_o