advertorial bisnis edukasi fashion finansial gim hosting internet kesehatan kuliner macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone teknologi transportasi website wisata

Mengapa Mouthwash Itu Penting? Berikut Alasannya

29 Jul 2022 - 01:20

Pada saat melihat iklan mouthwash di tv, tidak sedikit orang yang bertanya-tanya perlukah menggunakannya apabila sudah merawat kesehatan mulut dan gigi menggunakan pasta gigi?

Ilustrasi Mouthwash
Ilustrasi Mouthwash

Untuk mengetahui jawabannya, simak beberapa alasannya berikut ini. Namun, sebelum kita ulas dengan detail alasannya, sebaiknya Anda simak dahulu apa itu mouthwash.

Sekilas tentang mouthwash

Mouthwash atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan obat kumur merupakan cairan yang mengandung antiseptik. Antiseptik sendiri merupakan zat yang mampu menetralkan dan membunuh kuman bakteri. Selain kandungan antiseptik, biasanya obat kumur juga mengandung bahan aktif lainnya seperti fluoride yang berfungsi mencegah gigi berlubang, peroksida yang berfungsi menghilangkan noda pada gigi, dan astringet salt yang mampu mengurangi bau mulut. Lantas apakah menggunakannya perlu? Untuk alasan lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini.

Alasan mengapa menggunakan mouthwash itu penting

1. Membantu mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut

Jika ditanya apakah perlu menggunakan mouthwash apabila sudah sikat gigi? Jawabannya adalah perlu dan penting. Obat kumur diklaim sanagat ampuh dalam membantu mengatasi masalah gigi dan mulut. Kandungan klorheksidin dan essensial oil dalam obat kumur memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya peradangan pada gusi, serta mengendalikan pertumbuhan karang gigi. Zat antimikrobial juga mampu membasmi baketri penyebab bau mulut, karang gigi.

2. Mengatasi haliotosis

Haliotosis atau bau mulut merupakan masalah yang sering dan bisa terjadi kepada siapa saja termasuk Anda. Hal tersebut biasanya terjadi karena banyaknya bakteri yang menumpuk di sela-sela gigi dan pangkal lidah yang diakibatkan oleh sisa-sisa makanan yang tersisa. Kandungan astringent salt dan cetypyridinium chloride pada obat kumur merupakan zat aktif yang ampuh membasmi bau mulut bahkan menekan senyawa penyebab bau mulut. Selain itu kandungan lain seperti klordeksidin, essensial oil, serta antimikrobial dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dengan sangat efektif.

3. Memutihkan gigi

Obat kumur juga dapat membuat gigi Anda tampak lebih putih, karena zat peroksida mampu membersihkan dan mencegah noda permanen pada permukaan gigi.

4. Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi gigi

Bagi Anda yang telah melakukan operasi gigi, penggunaan obat kumur sangat dianjurkan karena kandungan antiseptik, dapat menekan adanya peradangan pasca operasi.

Cara memilih obat kumur yang tepat

Menurut tipenya, obat kumur dibagi menjadi dua tipe yaitu obat kumur kosmetik dan teapeutik. Untuk tipe kosmetik biasanya hanya memberikan sensasi rasa di mulut, sedangkan tipe terapeutik digunakan untuk menghilangkan bau mulut, peradangan, plak, dan mencegah gigi berlubang. Pastikan Anda memilih obat kumur yang memiliki kandungan terbaik, dan diawasi oleh BPOM. Pilih berdasarkan masalah yang sedang ingin diatasi.

Rekomendasi obat kumur

Bagi Anda yang sedang mencari obat kumur terbaik, Anda dapat menggunakan beberapa produk obat kumur dari pepsodent. Pepsodent mouthwash active defense anti bakteri berfungsi membunuh bakteri penyebab bau mulut, radang, dan gigi berlubang secara efektif, dan melindungi kesehatan gigi dan mulut lebih lama. Pepsodent mouthwash herbal natural anti bakteri mampu mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut dan memberikan sensasi dingin segar dan alami. Pepsodent mouthwash sensitive expert merupakan obat kumur yang diformulasikan untuk Anda yang memiliki gigi sensitif. Pepsodent mouthwash siwak merupakan obat kumur yang memberikan senasi seperti bersiwak.Itulah beberapa rekomendasi mouthwash terbaik, untuk menggunakan produk ini Anda hanya perlu berkumur-kumur selama 30-60 detik, gunakan sesuai takarannya dan hindari pemakaian berlebih.