advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Kirim Barang ke India

4 Sep 2021 - 06:06

Jarak yang memisahkan antara Indonesia dengan India adalah sekitar 5.000km. Jarak ini bisa ditempuh melalui 2 pilihan, yaitu jalur udara dan jalur laut. Anda yang ingin kirim barang ke India, mungkin perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu agar memiliki gambaran tentang biaya, durasi dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menentukan opsi pengiriman yang tepat.

Apa Saja yang Perlu Menjadi Pertimbangan Anda Saat Akan Kirim Barang ke India

Entah untuk keperluan bisnis, ataupun kebutuhan pribadi, pengiriman barang ke luar negeri tetap perlu mendapat perhatian dari Anda. Tak terkecuali untuk pengiriman ke India. Untuk bisa kirim barang ke India dari Indonesia sesuai kebutuhan dan anggaran, ada beberapa hal yang patut untuk Anda ketahui

1. Pengiriman Melalui Jalur Laut

Opsi pengiriman ini sering disebut sebagai pengiriman yang lebih murah apabila barang yang akan dikirim memiliki bobot atau dimensi yang besar. Ada 2 pilihan jika Anda ingin mempertimbangkan pilihan ini, yaitu

  • Less than Container Load (LCL): pilihan ini bisa dikatakan sebagai opsi yang paling murah karena Anda harus berbagi tempat dengan barang lain yang sama-sama dikirim menuju India. Pilihan ini memerlukan proses bongkar muat serta menunggu hingga jumlah barang yang dikirim mencukupi untuk 1 kontainer.

  • Full Container Load (FCL): jika Anda menggunakan pilihan ini, artinya Anda akan membayar penuh untuk sebuah kontainer yang memungkinkan proses pengiriman jadi lebih cepat karena Anda tak harus menunggu kontainer dipenuhi oleh pengiriman lain. Selain itu, Anda juga tidak harus memenuhi isi kontainer agar dapat mengirim ke India. Dalam kondisi tertentu, pilihan ini bisa menawarkan harga yang setara atau bahkan lebih murah dibanding opsi LCL.

2. Pengiriman Melalui Jalur Udara

Pengiriman melalui jalur udara mejnadi salah satu opsi pengiriman paling ideal untuk berbagai skenario. Dengan durasi pengiriman yang lebih cepat, mulai dari 3 sampai 7 hari, opsi ini bisa berarti tarif yang lebih tinggi dibanding opsi jalur laut. Hal ini dikarenakan belum adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke India sehingga membuat para agen menggunakan layanan tidak langsung untuk mengirim ke alamat penerima.

3. Faktor yang mempengaruhi Kisaran Biaya Kirim

Biaya pengiriman barang dari Indonesia ke India secara signifikan dapat dipengaruhi oleh pilihan pengiriman, yaitu jalur laut atau jalur udara, serta jenis barang yang akan dikirim. Selain itu, ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi besaran ongkos kirim, antara lain:

  • Lokasi asal barang di Indonesia
  • Lokasi alamat penerima di India
  • Musim pengiriman yang sedang tinggi atau sepi
  • Ketersediaan muatan di penerbangan atau perkapalan
  • Harga bahan bakar
  • Pilihan pengiriman, misalnya FCL atau LCL untuk kargo laut
  • Bobot, volume dan dimensi paket yang dikirm
  • Jasa pengiriman yag dipilih (door-to-door, door-to-port, port-to-door ataupun port-to-port)

Walau begitu, pengiriman melalui jalur udara biasanya akan dipilih oleh pengguna yang

  • Ingin mengirim barang dari Indonesia ke India dengan cepat
  • Mengirim paket yang bobotnya kurang dari 100kg
  • Mengirim paket yang tak membutuhkan banyak ruang, misalnya 1-3 pallet sudah cukup

Akhir Kata

Dari segi biaya, kirim barang ke India dengan ukuran paket yang besar atau memiliki berat yang melebihi 100kg akan lebih efisien melalui jalur laut. Hal ini karena selisih tarif yang dikenakan untuk opsi pengiriman laut dibanding pengiriman udara akan jauh berbeda pada kuantitas pengiriman tersebut. Pengiriman paket besar atau berat melalui udara bisa berkali lipat tarifnya dibanding melalui jalur laut. Namun tentunya hal ini tetap harus didasarkan pada kebutuhan dan anggaran Anda.