advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Pengalaman Jual Domain di Afternic

3 Apr 2021 - 15:14

Ini pertama kalinya dalam hidup saya bisa menjual domain seharga $199. Padahal secara makna atau susunan kata tidak ada yang spesial. Namanya akumula.com, domain ini adalah salah satu blog PBN yang saya kelola. Skor DA-nya 8, jadi jarang yang mau beli content placement di blog ini kecuali kalau saya jual paketan dengan blog lain.

Saya lupa tepatnya kapan menawarkan domain ini di Afternic, awalnya memang hanya iseng saja. Tidak kepikiran kalau domain ini bisa terjual lebih dari $100. User interface Afternic menurut saya tidak nyaman digunakan, sepertinya mereka malas mendesain ulang. Lupakan soal desain UI-nya, yang penting bisa terjual.

Cara listing di Afternic cukup mudah, tidak ada verifikasi seperti di SEDO. Ada beberapa keanehan di Afternic, misalnya ketika saya add domain baru dan prosesnya tertulis berhasil tapi ketika saya cek di dashboard belum muncul. Saya kira karena proses verifikasi atau apa, tapi besoknya saya add lagi baru bisa.

Dashboard Afternic
Dashboard Afternic

Prosesnya cukup cepat, saat domain terjual ada email dari Afternic yang meminta kode EPP. Saya waktu itu lupa untuk unlock domain jadi prosesnya tertunda. Setelah di-unlock baru proses transfernya berjalan seperti biasa.

Di Namesilo ada fitur yang namanya forced transfer, jadi tidak perlu menunggu 5 hari untuk proses transfer selesai. Saya pakai fitur itu dan besoknya sudah jadi miliki si pembeli. Soal pembayaran, Afternic memotong komisi sebesar 20%. Jadi saya dapat bersih $159, pembayaran melalui PayPal sekitar 1 hari kerja.

Domain yang terjual di Afternic.
Domain yang terjual di Afternic.

Begitu masuk PayPal langsung saya withdraw ke rekening BCA, rupiahnya jadi Rp2.200.000. Ga nyangka domain nama lokal bisa terjual setinggi ini. Sejak saat itu saya coba listing semua domain PBN. Tentu saja sebagian hasil penjualan saya belikan domain lagi.

Listing di Afternic gratis tidak seperti Flippa, komisinya 20% tapi buat saya ga masalah. Daripada listing domain di Flippa, bayar dulu dan itu belum tentu terjual, bisa rugi biaya listing.