advertorial bisnis finansial hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

Cara Install WordPress Offline di macOS

4 Apr 2021 - 16:40

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten yang terkenal dengan kemudahan penggunaannya. Bahkan WordPress atau sering disingkat WP, digunakan tidak hanya untuk blog, banyak perusahaan yang menggunakan WP sebagai website.

Di artikel ini kita akan belajar cara menginstall WP offline di sistem operasi macOS. Jika sedang belajar membuat theme atau plugin sendiri maka WP offline bisa jadi pilihan yang tepat. WP offline tidak bisa diakses orang lain, hanya kita sendiri saja yang bisa mengaksesnya.

Walaupun begitu WP offline tetap bisa digunakan untuk download theme atau plugin dari internet. Ada 2 file yang akan kita download. File WordPress dan MAMP untuk membuat sever localhost.

Pertama, download WP versi terbaru di WordPress.org. Setelah itu download program bernama MAMP. Program ini mirip XAMPP, untuk membuat server local yang berisi Apache, PHP, dan MySQL.

Nanti ada 2 aplikasi yang terinstall, MAMP dan MAMP Pro. Fungsi keduanya sama saja, jalankan MAMP dengan ikon gajah berwarna abu-abu. Selanjutnya download program PHP bernama Adminer, program ini pengganti PHPmyAdmin.

Klik Start sampai aktif lalu klik WebStart. Document root adalah lokasi kita menyimpan file WordPress.
Klik Start sampai aktif lalu klik WebStart. Document root adalah lokasi kita menyimpan file WordPress.

Lakukan instalasi MAMP, kalau sudah selesai langsung klik Start sampai berwarna hijau. Lalu klik WebStart untuk mengecek apakah server sudah berjalan. Nanti tampilannya akan seperti ini di browser.

Kalau terbuka halaman seperti ini di browser berarti web sever local sudah berjalan dengan baik.
Kalau terbuka halaman seperti ini di browser berarti web sever local sudah berjalan dengan baik.

Kita buat dulu database bernama wordpress menggunakan aplikasi bernama Adminer. Pindahkan file bernama adminer-4.8.0-en.php ke lokasi Applications > MAMP > htdocs. Sebelumnya rename dulu nama file jadi adminer.php supaya lebih mudah diakses dari browser.

Buka Adminer di browser dengan alamat http://localhost:8888/adminer.php. Kita login menggunakan username dan password root.

Klik Create database, beri nama wordpress (huruf kecil semua) klik Save.
Klik Create database, beri nama wordpress (huruf kecil semua) klik Save.

Sekarang buka Finder di lokasi Applications > MAMP > htdocs. Buat folder baru bernama wordpress lalu extract file WP yang sudah didownload tadi. Nah sekarang ketik alamat ini di browser http://localhost:8888/wordpress.

Sekarang lakukan instalasi database, klik Let’s go! Kita hanya perlu mengubah Username dan Password menjadi root lalu klik Submit, klik lagi Run the installation.

Isi data Site Title sesuai keinginan. Username & Password disini bukan root, isi saja dengan admin nanti akan kita pakai untuk login ke dasboard WordPress. Abaikan saja peringatan kalau password yang kita buat lemah, centang Confirm use of weak password. Kita tidak perlu khawatir soal keamanan karena ini WP offline

Kalau sudah selesai klik Install WordPress. klik Log In untuk masuk ke sistem WordPress, ketik username & password yang sudah dibuat tadi. Buka alamat http://localhost:8888/wordpress/ di browser, kalau tampilannya seperti ini berarti WordPress offline sudah terinstall.

WordPress offline berhasil terinstall.
WordPress offline berhasil terinstall.