advertorial bisnis finansial gim hosting internet macos opini rekomendasi smartphone website

8 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

8 Apr 2021 - 17:26

Ide bisnis online bermodal kecil ini bisa dimulai oleh siapa saja. Internet telah membuka banyak peluang bagi banyak orang dalam berbisnis. Hanya bermodal internet, kita bisa menjual produk ke lokasi yang mungkin tidak pernah kita kunjungi sebelumnya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, kita harus pintar mencari ide untuk tetap berkarya.

Pengertian Bisnis Online

Intinya adalah bisnis atau jasa yang dilakukan secara online. Untuk bisa menjalankan bisnis online wajib memiliki koneksi internet dan tentu saja perangkat seperti ponsel, komputer atau laptop.

Bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang pendidikan atau profesi. Bahkan orang yang gaptek sekalipun bisa memulai bisnis online jika mau belajar.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online dengan modal yang relatif kecil, tidak sampai harus menjual aset atau berhutang apalagi sampai jual ginjal. Sayangi ginjalmu :D

1. Dropship

Bisnis Dropship.
Bisnis Dropship.

Sampai saat ini belum ada terjemah ke bahasa Indonesia yang tepat untuk dropship. Inti bisnis drop ship ini adalah kita melakukan penjualan produk secara online.

Di bisnis dropship kita tidak harus punya produk sendiri, bahkan bisa sama sekali tanpa modal. Caranya cukup mudah, cari suppplier yang bisa diajak kerja sama dengan sistem dropship.

Biasanya supplier akan menyediakan materi promosi yang menarik sehingga kita bisa dengan mudah melakukan promosi secara online atau bahkan offline dengan brosur/katalog.

Proses transaksi bisnis dropship seperti ini:

  1. Penjual memasarkan produk supplier melalui media sosial, blog, marketplace atau offline (tawarkan ke teman misalnya).
  2. Lakukan markup harga, jika harga dari supplier Rp100.000 maka bisa ditambahkan menjadi Rp150.000.
  3. Pembeli yang berminat dengan produk tersebut transfer ke rekening penjual.
  4. Penjual membeli barang pesanan pembeli ke supplier.
  5. Supplier akan mengirimkan produk tersebut langsung ke alamat pembeli.

Bisnis dropship sedang tren saat ini karena kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan. Bayangkan saja, barang belum sampai ke pembeli, kita sudah mendapatkan selisih dari harga jual.

Berikut ini beberapa website dropship Indonesia dengan aneka produk yang berbeda mulai dari fashion sampai rumah tangga.

Dropshipaja.com

Anda harus membayar biaya Rp500.000 untuk menjadi member Dropshipaja. Anda akan mendapatkan katalog digital berupa foto produk dan panduan digital untuk berbisnis dropship. Tidak ketahui jenis produk yang dijual oleh Dropshipaja.

Dusdusan.com

Produk bervariasi mulai dari toples, peralatan masak, panci, botol minuman, dll. Harganya mulai dari Rp100.000 - Rp500.000. Di websitenya tidak tertera biaya anggota. Melihat jenis produknya, cocok untuk Anda yang punya calon konsumen wanita.

Riseloka.co.id

Dulunya bernama Bandros.co.id, menjual produk fashion seperti sepatu, jas hujan, tas, kaos, pakaian muslim sampai aksesoris motor. Untuk menjadi member Anda harus membayar Rp350.000 untuk masa aktif 12 bulan.

Anda akan mendapatkan pelatihan bisnis online selama 30 hari, white label dropship (barang dikirim atas nama Anda), produk eksklusif Riseloka, video tutorial dan tentu saja katalog digital produk original siap jual.

Essenzo.co.id

Biaya member Rp100.000 jika ingin menjual produk Essenzo dengan selisih harga 15% lebih murah dari harga konsumen. Selain itu Anda mendapatkan materi digital untuk melakukan promosi online dan dukungan dari komunitas reseller Essenzo.

101red.com

Menjual produk fashion import. Untuk bergabung di 101red.com Anda harus membayar biaya anggota sebesar Rp1.750.000/tahun. Fasilitas yang diberikan antara lain website toko online dengan domain pilihan Anda sendiri.

ResellerDropship.com

Mayoritas produknya fashion seperti jaket, sepatu, tas, kerudung, kemeja, dll. Biaya member Rp150.000 berlaku selama 1 tahun dengan beragam fasilitas seperti toko online gratis dan materi digital untuk promosi.

2. Menjadi YouTuber

Kontent video paling banyak dicari saat ini.
Kontent video paling banyak dicari saat ini.

Cara ini cocok untuk Anda yang suka berbicara di depan kamera. Mungkin Anda heran, bagaimana konten “sampah” bisa mendapatkan tayangan sampai ratusan ribu bahkan sampai jutaan.

Sebuah rumus yang dikenal para YouTuber adalah semakin besar view semakin besar penghasilan, tidak harus ada nilai edukasi atau hiburannya yang penting ramai ditonton orang.

Suka tidak suka begitulah cara kerja YouTube.

Anda tidak harus ikut-ikutan membuat video “sampah” yang tidak ada nilai edukasinya sama sekali. Jika Anda punya keahlian memasak, coba membuat channel tentang resep masakan khas Anda.

Suka berpetualang ke tempat baru? Rekam perjalanan Anda dan bagikan ke YouTube. Ada banyak topik yang bisa dibuat menjadi video. Saya sendiri pernah membuat channel YouTube tentang tutorial blog dan pernah mendapatkan views lebih dari 100.000.

Anda tidak harus punya kamera mahal, cukup gunakan kamera ponsel. Mungkin pada awalnya Anda akan mengalami kesulitan saat edit video, tapi jika Anda terus mencoba pasti akan terasa mudah.

Sebaiknya Anda tidak mengejar target langsung mendapatkan uang supaya tidak berhenti di tengah jalan, apalagi sekarang syarat monetisasi YouTube semakin sulit.

Kalau Anda punya produk atau jasa, buat saja video ulasannya. Barangkali ada yang tertarik dengan produk Anda tersebut dan membelinya langsung kepada Anda.

Ada banyak YouTuber yang menggunakan model bisnis seperti ini, tidak harus dari Google AdSense. Misalnya jika Anda kenal produsen herbal, coba buat video ulasan tentang manfaat produknya.

3. Jasa Penulis

Jasa penulisan artikel untuk website atau blog.
Jasa penulisan artikel untuk website atau blog.

Konten dalam bentuk tulisan akan selalu dicari, walaupun sekarang konten video sedang banyak dicari. Saat ini jasa penulisan konten banyak dicari karena banyak website yang bermunculan, tapi membuat konten yang bagus tidak mudah.

Nah, jika Anda punya keahlian menyusun kalimat yang mudah dipahami, tidak ada salahnya menjual jasa penulis. Misalnya di Kontenesia.com, Anda bisa mendapatkan gambaran keuntungan jasa penulisan konten.

Mereka memasang tarif mulai dari Rp39.000 per artikel sebanyak 300 kata. Tarif akan semakin mahal jika artikelnya ditulis oleh penulis berpengalaman, bisa mencapai Rp250.000 per artikel!

Daftarkan diri Anda di website berikut ini dan mulai cari pekerjaan menulis yang cocok untuk Anda.

  • Freelancer.co.id
  • Projects.co.id
  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • Ads.id

4. Jasa Desain Grafis

Desain grafis tidak hanya logo, ada kemasan, brosur, poster dan lainnya.
Desain grafis tidak hanya logo, ada kemasan, brosur, poster dan lainnya.

Sekarang, bisnis tidak hanya bersaing di kualitas produk. Hal penting yang mulai diperhatikan para pelaku usaha adalah desain. Pembeli pasti lebih tertarik dengan produk yang memiliki kemasan menarik daripada kemasan polos.

Bahkan warna dan desain logo bisa mempengaruhi persepi konsumen terhadap suatu merk. Desain grafis cakupannya cukup luas, mulai dari desain logo, brosur, kemasan, sampai desain untuk diposting ke sosial media.

Jasa desain grafis punya peluang penghasilan yang cukup tinggi. Anda bisa menjual desain logo mulai dari Rp100.000 sampai Rp 1.000.000 jika mendapatkan klien perusahaan nasional atau luar negeri.

Anda bisa menawarkan jasa desain grafis di situs freelancar berikut ini:

  • Sribu.com
  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • Projects.co.id
  • 99designs.com

5. Jual Produk Digital

Jual keahlian Anda dalam bentuk digital, video, ebook atau audio.
Jual keahlian Anda dalam bentuk digital, video, ebook atau audio.

Banyak orang yang mengandalkan internet untuk mencari informasi. Produk digital bisa berupa video atau ebook (buku digital) sesuai dengan hobi atau keahlian Anda.

Kelebihan produk digital adalah potensi penghasilan pasif, walaupun pada awalnya Anda harus bekerja keras membuat produk digital yang benar-benar bermanfaat dan menarik.

  • Ratakan.com
  • Udemy.com
  • Clickbank.com

6. Jasa Pembuatan Website

Semakin banyak bisnis go online, kebutuhan website akan meningkat.
Semakin banyak bisnis go online, kebutuhan website akan meningkat.

Banyak bisis yang go online otomatis membutuhkan website. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kunjungan langsung ke toko mungkin berkurang dratis.

Konsumen memilih mencari produk atau jasa secara online. Jika produk atau jasa Anda tidak ada internet maka bisa dipastikan Anda kehilangan peluang untuk dicari calon konsumen di dunia maya.

Anda bisa mencari toko atau produsen di sekitar Anda yang produk atau jasanya bisa dijual online. Coba tawarkan website kepada mereka dengan menjelaskan kelebihan website dan manfaat pemasaran secara online.

Sekarang ini untuk membuat website tidak harus dengan coding. Gunakan WordPress dan theme yang sesuai dengan karakter bisnis tersebut.

Tarif jasa pembuatan website cukup bervariasi mulai dari Rp500.000 sampai puluhan juta rupiah. Bangun portofolio contoh hasil desain website Anda dengan domain Anda sendiri untuk meyakinkan calon klien.

Jika Anda baru memulai, rancang website pribadi Anda sebagus mungkin untuk menampilkan keahlian desain website Anda. Temukan klien di situs berikut ini yang sedang mencari jasa desain website:

  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id
  • Freelancer.co.id
  • Fastwork.id

7. Bisnis Makelar Go Online

Tidak semua orang tau cara pasang iklan di internet.
Tidak semua orang tau cara pasang iklan di internet.

Apakah ada rumah atau ruko dijual di sekitar Anda? Tidak ada salahnya mencoba menghubungi pemiliknya barangkali berkenan untuk ikut menjualkan.

Jika Anda mendapat izin, maka Anda bisa memasang iklan properti tersebut ke situs jual properti tentunya dengan mencatumkan nomor kontak Anda.

Anda harus membuat perjanjian terlebih dahulu berapa komisi yang Anda dapatkan. Kalau perlu tulis perjanjian di atas materai, baru Anda bisa mulai mempromosikan properti tersebut ke website jual properti gratis berikut ini:

  • 99.co
  • lamudi.co.id
  • olx.co.id
  • rumahku.com
  • jualo.com
  • rumahdijual.com
  • Facebook Marketplace

Sebisa mungkin Anda kumpulkan informasi lengkap tentang properti yang Anda jual. Sehingga Anda tidak perlu bertanya berulang kali kepada pemilik properti.

Jika calon pembeli mulai serius Anda bisa memberinya nomor kontak pemilik rumah atau datang bersama Anda sampai terjadi kesepatan harga dengan pemilik properti.

Katakan Anda mendapatkan komisi 1% dari rumah senilai Rp250.000.000, maka komisi Anda Rp2.500.000. Tidak hanya properti saja, Anda bisa menjadi makelar online mobil dan motor walaupun komisinya tidak sebesar rumah atau tanah.

8. Bisnis Kuliner di GoFood & GrabFood

Sebagai salah satu cara mengurangi penyebaran virus COVID-19, masyarakat dihimbau untuk mengurangi interaksi fisik. Banyak orang yang mulai bekerja dari rumah. Bisnis kuliner pada awalnya merasakan dampak yang cukup parah ketika pandemi tapi kini mulai berangsur membaik. Sekarang Anda bisa berbisnis kuliner secara online bekerja sama dengan GoFood atau GrabFood.

Tentunya Anda harus mempunyai sistem kerja yang mengutamakan kebersihan dan kualitas. Review buruk dari pembeli bisa saja menghancurkan reputasi bisnis kuliner Anda. Apalagi di masa pandemi seperti ini, banyak orang mulai peduli dengan kebersihan makanan.

Tips Memulai Usaha

Tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, lakukan bisnis yang sesuai dengan passion atau keahlian.

Dulu saya sempat membuka bisnis mie ayam bekerja sama dengan GoFood, mulai dari mie, kemasan, logo, ayam, bumbu semua saya racik sendiri bersama istri.

Ternyata, passion kami bukan di bidang kuliner. Akhirnya saya kembali lagi menatap layar laptop, menulis dan membuat blog/website. Memang sejak 2008 passion saya itu menulis dan web programming.

Temukan minat Anda dan gunakan internet sebagai medianya.