advertorial bisnis edukasi fashion finansial gim hosting internet kesehatan kuliner macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone teknologi transportasi website wisata

Keuangan Aman Meskipun Punya Cicilan Mobil

14 Apr 2022 - 12:50

Jika Anda berencana ingin mengambil kredit mobil tentunya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mulai dari pemilihan mobil dan leasing terpercaya, hingga memilih nilai cicilan mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

mobil

Hal ini memang cukup menguras pikiran, karena akan sangat mempengaruhi keuangan dan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Jika sampai gagal bayar, tentunya akan ada banyak konsekuensi buruk yang harus dihadapi. Tetapi jangan kuatir, selama Anda bisa mengatur keuangan dan menentukan cicilan dengan bijaksana tentu konsekuensi buruk bisa dihindari. Berikut ini tips mudah mengatur cicilan mobil baru agar aman bagi finansial Anda.

1. Sesuaikan dengan budget dan kemampuan finansial Anda

Hal pertama yang sangat penting adalah menyesuaikan mobil pilihan dengan budget dan kemampuan finansial Anda. Membeli mobil yang harganya di luar budget dan kemampuan akan membebani keuangan Anda nantinya. Ingat bahwa Anda memiliki kewajiban untuk membayar angsuran atau cicilan setiap bulannya. Pastikan nilai cicilan tidak mengganggu keuangan Anda di setiap bulannya.

2. Konsultasikan dengan dealer atau leasing

Apaila tipe mobil yang dipilih sudah ada, maka lakukan konsultasi dengan dealer atau leasing. Hal ini bertujuam Anda mendapatkan informasi yang jelas mengenai kredit mobil bekas yang akan Anda pilih. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari dokumen hingga opsi uang muka, angsuran dan tenor yang tersedia.

3. Manfaatkan simulasi atau kalkulator kredit sebelum tentukan cicilan mobil

Biasanya pada website leasing atau perusahaan pembiayaan terdapat kalkulator pembiayaan, seperti yang ada pada website SEVA. Simulasi atau kalkulator kredit ini penting untuk mencari tahu berapa besar uang muka yang harus dibayarkan di awal, tenor atau lama cicilan dan besaran cicilan per bulannya. Cari tahu dengan cermat dan sesuaikan dengan budget serta kemampuan finansial Anda. Konsultasikan dengan leasing atau dealer apabila ada kendala agar memudahkan Anda dalam menentukan uang muka dan cicilan yang ringan.

4. Pilih leasing terpercaya

Sangat penting memilik leasing yang kredibel atau terpercaya. Syarat utamanya adalah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atau terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu Anda akan merasa aman, nyaman dan terhindar dari risiko penipuan atau kerugian di masa yang akan datang.

SEVA adalah leasing yang terpercaya, merupakan platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada para pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai macam pilihan produk paket pembelian kualitas Astra Finansial.

Terdapat fitur menarik yang akan membantu Anda mewujudkan mobil impian, yaitu Instant Approval dan Car Recomendation. Fitur Instant Approval akan membuat konsumen melalui proses pembelian mobil baru secara lebih gampang, proses yang jelas, didukung tingkat keamanan transaksi yang lebih baik. Lalu fitur Car Recommendation dengan memberikan konsumen beragam informasi detail, seperti perhitungan biaya dari awal. SEVA memberikan pelayanan secara online sehingga konsumen akan merasa nyaman dan praktis dalam pengajuan kredit mobil baru. Sangat cocok bagi para generasi muda yang senang dengan kepraktisan dunia digital.

5. Buat pos anggaran untuk pembayaran cicilan mobil

Bangun kebiasaan positif yang akan membantu Anda dalam mengatur cicilan. Buatlah pos anggaran yang terpisah. Dengan hal tersebut akan semakin mudah dalam membuat anggaran berdasarkan kebutuhan bulanan Anda. Pisahkan antara pos biaya hidup, tabungan hingga cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

6. Langsung bayar cicilan mobil Anda

Kebiasaan positif yang harus Anda miliki adalah mengatur keuangan Anda. Pastikan selalu bayar cicilan Anda saat memiliki uang dan hindari untuk menunda-nunda. Utamakan membayar kewajiban terlebih dahulu agar bisa bebas mengatur anggaran untuk kebutuhan lainnya. Selain itu jangan gunakan cicilan untuk kebutuhan lainnya ya!