advertorial bisnis finansial gim hosting internet kesehatan macos opini otomotif properti rekomendasi smartphone transportasi website wisata

Cara Cek Tagihan Listrik Online Tanpa Aplikasi

21 Apr 2021 - 20:53

Saat ini untuk cek tagihan listrik tidak perlu datang ke kantor PLN atau loket pembayaran. Kita bisa mengecek tagihan bulan ini bahkan 3 bulan atau 6 bulan sebelumnya. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek PLN prabayar atau token.

Listrik menjadi kebutuhan primer setelah sandang, pangan dan papan. Masyarakat dari seluruh kelas ekonomi membutuhkan listrik. Apalagi sekarang banyak aktifitas dilakukan secara online, pasti membutuhkan listrik untuk mengisi daya baterai laptop atau ponsel.

Tipe Meteran PLN

Perbedaan fisik meteran pascabayar dan prabayar.
Perbedaan fisik meteran pascabayar dan prabayar.

PLN Prabayar

Cara perhitungan tagihannya mirip pulsa di ponsel. Kita harus mengisi saldo atau token terlebih dahulu sebelum listrik bisa digunakan.

Secara fisik meteran PLN prabayar bisa terlihat dari tombol-tombol angka dan layar kecil yang menampilkan jumlah token dan informasi lain seperti kWh.

Salah satu kekurangan PLN prabayar adalah ketika token habis maka listrik akan mati. Untuk mengantisipasi hal tersebut di meteran PLN terdapat alarm yang akan berbunyi jika saldo token berada di batas tertentu.

PLN Pascabayar

Ciri khas meteran PLN pascabayar adalah piringan di bagian dalam yang berputar sesuai dengan konsumsi listrik. Semakin banyak peralatan elektronik yang menyala maka piringan tersebut akan berputar cepat.

Setelah penggunaan 1 bulan maka akan keluar tagihan pembayaran listrik. Di situs resmi PLN bisa dilakukan pengecekan jumlah tagihan sampai dengan beberapa bulan sebelumnya.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Untuk mempermudah pelanggan mengecek tagihan listrik, PLN menyediakan beberapa cara melalui SMS, telepon, aplikasi dan situs PLN.

Menurut saya lebih mudah melakukan pengecekan di situs resmi PLN. Tidak dikenakan biaya pulsa untuk menghubungi call center 123 PLN atau biaya SMS Rp550 ketika cek tagihan melalui SMS center 8123.

Cek Tagihan Listrik di Situs Resmi PLN

Listrik Pascabayar

  1. Buka situs PLN.
  2. Ketik identitas pelanggan, pilih salah satu: NOMOR METER atau ID Pelanggan.
  3. Ketik karakter yang ada di dalam kotak. Kalau kesulitan, bisa Refresh kode untuk melihat kode yang baru.
  4. Klik Cari.

Di bagian Info Pelanggan akan terlihat ID Pelanggan atau nomor meter. Nama pelanggan, golongan tarif dan daya terpasang.

Cek Tagihan dan Pemakaian Listrik.
Cek Tagihan dan Pemakaian Listrik.
  • kWh: Informasi pemakaian listrik dalam satuan kWh (kilowatt per jam)
  • Rp Tagihan Seharusnya: Jumlah tagihan yang harus dibayar sebelum diskon
  • Rp Diskon: Jumlah diskon, saat ini masih ada diskon 25% dari tagihan seharusnya. Diskon ini turun dari sebelumnya 50% untuk golongan tarif R1 900 Watt subsidi.
  • Rp Tunggakan: Jumlah tunggakan jika terlambat membayar
  • Rp Tagihan yang harus dibayar: Total tagihan yang harus dibayar seteleh memperhitungkan diskon dan tunggakan. Belum termasuk biaya admin.

Bagian yang cukup penting adalah informasi kWh. Di kolom ini kita bisa melihat total pemakaian listrik sampai 12 bulan terakhir. Kita bisa menentukan perangkat apa yang banyak menggunakan listrik dan melakukan penghematan jika diperlukan.

Listrik Prabayar / Token

Saat ini PLN sudah tidak lagi memberi token gratis untuk golongan R1T dengan daya 450 watt. Jadi di halaman ini sudah tidak tampil lagi token gratisnya.

Cara cek tagihan atau pemakaian listrik prabayar sama seperti cara pascabayar. Masukkan identitas pelanggan dengan ID pelanggan atau nomor meter.

Untuk saat ini cek tagihan PLN dengan nama pelanggan belum bisa dilakukan. Satu-satunya cara adalah dengan mengetahui ID pelanggan atau nomor meteran.

Informasi detail pemakaian dan token gratis jika masih mendapatkan subsidi.
Informasi detail pemakaian dan token gratis jika masih mendapatkan subsidi.
  • Rp Diskon: Nilai diskon yang diberikan.
  • kWh: Total kWh yang didapat.
  • Token: Kode token yang bisa dimasukkan ke meteran prabayar.

Cara Lain Melihat Riwayat Tagihan PLN

Aplikasi Informasi Tagihan Listrik
Aplikasi Informasi Tagihan Listrik

Selain cara di atas juga bisa dengan mengakses situs Riwayat Listrik. Cuma bedanya harus melakukan pendaftaran dengan email. Informasi yang ditampilkan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya.

Menurut saya lebih praktis dengan mendaftarkan akun seperti ini apalagi jika punya meteran lebih dari 1. Menggunakan aplikasi informasi tagihan listrik ini tidak perlu mengetik ulang kode pelanggan. Nomor meter atau ID pelanggan otomatis tersimpan jadi tinggal pilih saja.

Kedua cara ini bisa dilakukan melalui browser di laptop atau ponsel jadi tidak perlu aplikasi. Lebih praktis dan cepat untuk sekedar mengecek riwayat pemakaian listrik atau nilai tagihan PLN pascabayar dan prabayar.

Itulah 2 cara mengecek tagihan PLN pascabayar atau token prabayar melalui situs resmi PLN yang berlamat di PLN.co.id. Semoga bermanfaat.