UKM Jaman Now, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Dukung Usaha Kecil

Usaha Kecil dan Menengah atau biasa kita kenal dengan UKM jaman now image nya udah jauh berbeda dibandingkan dengan jaman dulu. Kalo jaman dulu pengusaha kecil itu identik sama kesan boring dan kaku, beda sama sekarang. Jaman sekarang udah mulai banyak anak muda yang terjun ke dalam UKM.

UKM Jaman Now, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Dukung Usaha Kecil

UKM ini sendiri punya peranan penting loh dalam perekonomian negara. Seperti yang kita semua tau, suatu negara bisa dibilang maju jika memiliki wirausahawan minimal 2% dari total jumlah penduduk mereka. Kita pernah berada di bawah angka itu pada tahun 2014 lalu yaitu sebesar 1,55% aja dari total 260 juta penduduk Indonesia.

But you know what? Di tahun ini jumlah pengusaha kita mengalami peningkatan yang cukup signifikan loh. Hingga survey terakhir pada awal tahun 2018 ini, jumlah pengusaha di Indonesia udah mencapai 3,1% boskuh! Asli ini gokil, dalam kurun waktu kurang dari lima tahun, rasio pengusaha kita bisa bertambah dua kali lipat.

Ayo Kita Dukung UKM Jaman Now Biar Perekonomian Negara Makin Membaik!

UKM Jaman Now, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Dukung Usaha Kecil

 

Saat jumlah pengusaha kita masih berada di angka 1,55%, negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand udah ada di atas kita. Waktu itu Singapura punya 7%, Malaysia 5% dan Thailand 3%. Sekarang seiring meningkatnya presentase pengusaha UKM kita yang udah 3% ini, bukan gak mungkin kita bakal melampaui mereka.

Kita emang banyak unggul dari negara lain di sektor Sumber Daya Alam, Militer dan Pendidikan. Tetapi faktanya, itu semua gak bisa mengangkat perekonomian negara secara signifikan. Ini dia nih alasannya kenapa UKM itu bisa mengangkat perekonomian negara:

UKM Jaman Now, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Dukung Usaha Kecil

  1. Mengurangi Pengangguran
    Ini udah pasti kan, sengan bertambah banyaknya usaha otomatis makin banyak juga lapangan kerja yang terbuka. Jadi kita bisa ikut mengurangi pengangguran di Indonesia, keren kan?
  2. Memanfaatkan Sumber Daya Alam Dengan Tepat
    Suka teriak-teriak sumber daya kita dikuasai asing? Well, daripada demo mending pada bikin usaha deh. Dengan begitu secara gak langsung kita juga menyelamatkan sumber daya kita dari tangan asing.
  3. Mengaplikasikan Perkembangan Teknologi
    Ini juga nih, sebelum para jenius tanah air kita gak ditarik asing, kita bisa rangkul mereka duluan. Caranya dengan mempercayakan pengembangan teknologi produk kita kepada mereka.
  4. Meningkatkan Pendapatan Perkapita Negara
    Kalau semua hal di atas udah kita selesaikan, tentu aja efek dari semuanya itu adalah meningkatnya pendapatan negara. Makin banyak rakyat yang kerja, makin banyak juga pajak yang bakal masuk ke negara.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?