Spesies Nyamuk Baru Dikembangkan Buat Membunuh Sesama Nyamuk

Spesies Nyamuk Baru Dikembangkan Buat Membunuh Sesama Nyamuk

Nyamuk emang termasuk hewan yang nyebelin dan ganggu banget, ya gak sih. Gara-gara nyamuk, jadi banyak yang terkena penyakit kaya demam berdarah, malaria dan banyak lagi. Tapi tenang boskuh, karena sekarang spesies nyamuk baru sedang dikembangkan buat mengatasi masalah tersebut.

Spesies Nyamuk Baru Dikembangkan Buat Membunuh Sesama Nyamuk

Lah, gimana maksudnya? Kok mengatasi masalah nyamuk dengan mengembangkan spesies nyamuk? Woho, sabar dulu boskuh karena spesies nyamuk yang bakal dikembangbiakan ini bukan spesies nyamuk biasa. Nyamuk jenis baru yang sedang dikembangbiakan ini bisa membunuh nyamuk lain nya.

Wuih, keren dong berarti membasmi nyamuk dengan nyamuk juga. Yoi, penelitian ini sekarang lagi dikembangkan di Amerika Serikat. Nah, daripada penasaran mending langsung aja liat artikel selengkapnya di bawah ini yah!

Amerika Kembangkan Spesies Nyamuk Baru Buat Membasmi Nyamuk Pembawa Penyakit

Spesies Nyamuk Baru Dikembangkan Buat Membunuh Sesama Nyamuk

Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat menyetujui pengembangangan nyamuk jenis baru. Spesies baru yang sedang dikembangkan ini disebut bakal menekan angka penyebaran penyakit lewat nyamut seperti malaria dan lain-lain. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan oleh perusahaan bioteknologi bernama MosquitoMate.

Nyamuk yang digunakan dalam project ini bakal dimodifikasi DNA nya buat membunuh sesama nyamuk aja. Jadi, DNA nya bakal dimanipulasi sedemikian rupa untuk membawa bakteri Wolbachia pipientis aja. Bakteri ini dikenal bisa membuat nyamuk mati dalam seketika. Wow, bener-bener keren yah?!

Membunuh Dengan Cara Kawin Dengan Nyamuk Betina

Spesies Nyamuk Baru Dikembangkan Buat Membunuh Sesama Nyamuk

MosquitoMate memiluih jenis Aedes albopictus, biasa dikenal sebagai nyamuk macan asia yang digunakan untuk proyek ini. Konsep yang digunakan mereka terbilang cukup sederhana. Nyamuk jenis baru tersebut dilepas dan dibiarkan berbaur dengan nyamuk lainnya, khususnya yang membawa bakteri dan virus penyakit berbahaya.

Nah terus pas udah menyusup ke koloni itu, lalu mereka membunuh si nyamuk pembawa penyakit. Cara membunuhnya itu loh yang agak-agak kocak gimana gitu ya kan. Gimana nggak kocak, orang dibunuhnya pake cara dikawinin dulu. Lah, maksudnya gimana dibunuh tapi dikawinin?

Jadi gini loh yah, nyamuk yang bakal dilepas itu nanti menurut rencana adalah jenis pejantan. Terus si nyamuk jantan itu dibiarkan kawin dengan nyamuk betina yang liar. Nah, dari hubungan badan ini nanti bakteri yang dibawa si nyamuk pembunuh ini bakal disebar. Andaikan ini berhasil, ini juga bakal menggagalkan telur nyamuk gagal menetas.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?