Pulau “Masker Gas” Paling Aman Dan Terancam Di Dunia

Berbahaya, namun menarik untuk dilihat…

Pulau "Masker Gas" Paling Aman Dan Terancam Di Dunia

Miyakejima, adalah sebuah pulau masker gas yang berada di 180 kilometer selatan kota Tokyo. Salah satu pulau paling aman di dunia, namu sangat terancam. Masalah utama di pulau ini adalah gunung berapi yang masih aktif, yaitu gunung Oyama yang telah meletus beberapa kali.

Pulau "Masker Gas" Paling Aman Dan Terancam Di Dunia
akibatjenuh.com

Pada tahun 2000, letusan terbesar terjadi dan pulau itu benar-benar dievakuasi. Setelah periode empat tahun emisi vulkanik, penduduk lokal setempat bisa kembali secara permanen menempati wilayah tersebut pada tanggal 1 Februari 2005. Aliran gas sulfat mengalir secara konstan yang berasal dari gunung Oyama menjadikan pulau ini berbahaya sehingga penduduk lokal harus menggunakan Masker, dengan kondisi seperti itu lah maka pulau ini disebut “Pulau Masker”.

Semua penghuni pulau ini harus mengenakan masker untuk bertahan hidup saat menjalani aktifitas sehari-hari. Semua kegiatan di pulau ini seperti sekolah, bisnis, pesta pernikahan, pemakaman, dll. Semua dilakukan dengan mengenakan masker gas.

Pulau "Masker Gas" Paling Aman Dan Terancam Di Dunia
akibatjenuh.com

Selama lima tahun, Miyakejima dinyatakan terlarang, dengan pulau tandus menyerupai dunia pasca-apokaliptik. Pohon-pohon yang mati dan mobil-mobil berkarat menghirup ruang yang terbengkalai itu. Gunung Oyama terus mengeluarkan 10.000 sampai 20.000 ton gas dioksida sulfur dari puncaknya setiap hari selama dua tahun setelah letusan tersebut. Perlahan, tatanan evakuasi mulai terangkat, dan pada tahun 2005 warga diizinkan kembali ke rumah masing-masing.

Beberapa memilih untuk tetap tinggal di rumah mereka yang direlokasi di Tokyo, namun sekitar 2.800 memilih untuk kembali – kali ini dengan masker gas. Meskipun penduduknya kembali tinggal di pulau ini, hampir sepertiga dari Miyakejima tetap terlarang secara permanen dan pemerintah melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan memberlakukan pembatasan usia di wilayah tertentu.

Pulau "Masker Gas" Paling Aman Dan Terancam Di Dunia
akibatjenuh.com

Walaupun pulau ini berbahaya, para turis masih bisa mendapatkan akses untuk mengunjingi pulau ini dengan mengenakan masker yang tersedia dan banyak dijual di sekitar tempat wisata di pulau ini.

Pengunjung juga bisa berkeliling untuk melihat pemandangan rumah yang terbengkalai, bangkai mobil dan sekolah-sekolah yang hancur karena lava, bencana alam yang masih bisa dinikmati dengan membayar uang untuk wisata cukup pantas untuk merasakan pengalaman mendebarkan.

Leave your vote

-3 points
Upvote Downvote

Total votes: 159

Upvotes: 78

Upvotes percentage: 49.056604%

Downvotes: 81

Downvotes percentage: 50.943396%

Leave a Reply