Perjuangan Guru di Afrika, Ngajar Komputer Pakai Papan Tulis

Perjuangan Guru di Afrika, Ngajar Komputer Pakai Papan Tulis

Gelar pahlawan tanpa tanda jasa buat guru bukanlah tanpa alasan. Perjuangan yang dilakukan para guru untuk mencerdaskan muridnya jadi salah satu alasannya. Contohnya adalah perjuangan guru di Afrika yang dilakukan oleh Owura Kwadwo Hottish. Usaha Owura untuk mengajarkan ilmu komputer kepada muridnya patut diacungi jempol.

Perjuangan Guru di Afrika, Ngajar Komputer Pakai Papan Tulis

Ketika di Indonesia perselisihan guru dan murid justru lagi ramai, seorang guru di Afrika, tepatnya Ghana justru melakukan tindakan yang sangat inspiratif. Bagaimana tidak, guru bernama Owura tersebut mengajar dengan cara yang tidak biasa. Owura mengajar dengan menggunakan papan tulis kapur.

Wait, what? Papan tulis kapur? Apa nya yang inspiratif coba, kayanya biasa aja deh. Haha, iya itu adalah hal yang biasa kalo yang diajarkan itu adalah mata pelajaran selain komputer. Yes tepat sekali, Owura mengajar mata pelajaran komputer menggunakan papan tulis kepada muridnya?

 

Minim Fasilitas, Begini Perjuangan Guru di Afrika Mengajar Komputer Pakai Papan Tulis

Banyak yang bilang kalo belajar dengan praktek langsung bakal lebih optimal dibandingkan dengan hanya mendengarkan teori. Tapi bagaimana kalo misalnya fasilitas yang ada di sebuah sekolah tersebut sangat minim. Seperti yang terjadi di sekolah tempat Owura mengajar.

Perjuangan Guru di Afrika, Ngajar Komputer Pakai Papan Tulis

Di sekolah tempat Owura mengajar memang tidak ada fasilitas komputer. Tapi demi mengajarkan program Microsoft Word kepada muridnya, dia rela mengajar Word menggunakan papan tulis. Bukan sekedar teori-teori tentang Microsoft Word yang diajarkan lewat papan tulis loh.

Owura ini benar-benar menggambar layout program Microsoft Word di papan tulis hitam. Lengkap dengan menu toolbar dan segala macamnya tentang Microsoft Word. Gila ini sih benar-benar guru terniat abad ini. Seketika perjuangan Owura ini langsung viral di kalangan warganet dunia.

Perjuangan Guru di Afrika, Ngajar Komputer Pakai Papan Tulis

Sadar akan berita tentang diri nya yang viral tersebut, Owura pun menuliskan tanggapan di akun facebook nya. Kata-kata yang sangat menginspirasi dituliskan Owura dan dijamin kalian yang membacanya, khususnya para guru pasti bakal terharu. Seperti inilah perjuangan seorang guru di Afrika yang mengajar dengan fasilitas seadanya.

“Mengajar TIK di sekolah di Ghana sangatlah menyenangkan. Komputer di papan tulis. Aku menyayangi muridku, jadi aku harus melakukan hal yang bisa membuat mereka paham apa yang sedang aku ajarkan.”

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?