7 Perilaku Penumpang Transjakarta yang Bikin Kamu Malu

hadeh…

Penumpang Transjakarta - GituAja

Kelakuan orang Indonesia, khususnya Jakarta, memang bermacam-macam. Ada yang bikin bangga setinggi langit, ada juga yang membuat malu sampai ke ubun-ubun. Salah satu kebiasaan memalukan yang pantas disayangkan adalah kepekaannya terhadap lingkungan. Selain buang sampah dan meludah sembarangan, macam-macam perilaku saat naik bus Transjakarta juga patut disoroti.

Berikut adalah 7 Perilaku Penumpang Transjakarta

1. Melihat orang yang masih sehat bugar duduk di kursi prioritas.

Penumpang Transjakarta - GituAja
secemerlangpagi

Kursi prioritas letaknya pas di belakang sopir. Di sana sudah ada tulisan gede yang menyatakan kalau kursi itu hanya boleh ditempati orang tua, difabel atau berkebutuhan khusus, ibu yang membawa anak kecil, atau orang yang sedang hamil. Sayangnya sering didapati remaja atau anak muda yang masih segar bugar enak-enakan duduk di kursi tersebut. Tidak malukah mereka?

2. Melihat orang makan/minum di dalam Transjakarta, padahal sudah ada peraturan yang tak membolehkannya.

Penumpang Transjakarta - GituAja
ramzismarttravel

Ada juga orang yang cuek mengunyah makanan atau camilan di dalam Transjakarta meski sudah ada peraturannya. Parahnya, mereka seakan tak peduli dengan hal itu dan dengan santai meneruskan aktivitasnya itu.

3. Pura-pura tidur kalau ada orang tua masuk ke Transjakarta biar kursinya gak diminta.

Penumpang Transjakarta - GituAja

Setiap kali masuk Transjakarta, orang-orang yang duduk di bangku pasti kebanyakan memejamkan mata. Tidak semua dari mereka rupanya benar-benar tertidur. Mereka hanya tak mau kenyamanannya diusik, apalagi kalau ada orang tua masuk bus. Mereka pasti malas memberikan kursinya.

4. Bercokol di posisi batas dilarang berdiri di dekat pintu dan menyusahkan orang keluar-masuk.

Penumpang Transjakarta - GituAja
liputan6

Orang pun sering berebut tempat di dekat pintu kalau dia tak mendapatkan tempat duduk. Maksudnya memang supaya mudah keluar. Padahal tujuannya masih jauh. Hal ini malah jadi merepotkan buat orang lain. Apalagi kalau tak mau disuruh pindah posisi.

5. Mendengarkan musik kencang-kencang dan mengganggu ketenangan.

Penumpang Transjakarta - GituAja
haltebus

Ada juga penumpang yang percaya diri mendengarkan musik tanpa memakai earphone. Alhasil, semua orang bisa dengan jelas mendengarkan musik yang disetel. Alih-alih senang, orang malah akan merasa terganggu.

6. Berkata kasar sepanjang perjalanan dan bikin suasana jadi gak nyaman.

Penumpang Transjakarta - GituAja
haltebus

Emosi orang-orang Jakarta memang gak ketulungan. Saking gak bisa dikontrol, mereka kadang akan mengumpat di segala situasi. Termasuk saat berada di dalam bus Transjakarta. Kalau sudah demikian, siapa yang malu? Yang mengumpat atau yang mendengarkan umpatan?

7. Komentar apa pun yang ada di hadapannya membuat orang jadi risi.

Penumpang Transjakarta - GituAja
yankodesign

Ada juga orang-orang yang rajin mengomentari segala hal yang muncul di hadapannya, bahkan terkesan gak sopan. Misalnya ada ibu-ibu pakai baju dan kerudung dengan warna tak senada, dia akan komen, “Bu, gak match banget sih kerudung sama bajunya.”

Nah, cukup menjengkelkan kan kalau ketemu dengan orang-orang kayak gitu? apakah kamu salah satu perilaku dari penumpang transjakarta juga? hayoo ngaku!

Leave your vote

17 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?

Leave a Reply