Pendapatan Youtuber Mencapai Puluhan Juta Rupiah Per Bulan, Darimana Aja Yah?

Darimana aja sih seorang youtuber itu dapet duit?

Pendapatan Youtuber Mencapai Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Bagi kalian yang masih awam dengan dunia bisnis digital, mungkin bingung darimana pendapatan youtuber seperti Reza Oktovian yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta itu berasal. Ada yang bilang dari iklan yang ada di youtube, blablabla dan sebagainya. Tapi apa benar cuma dari iklan aja bisa dapet duit sebanyak itu?

Well, gak salah juga sih kalo ada yang bilang adsense itu sumber pendapatan utama para youtuber. Tapi ternyata google adsense itu bukan satu-satunya loh guys. Dan di artikel kali ini kita bakal coba bahas, darimana aja sih sebenernya duit para youtuber terkenal itu? So, let’s get it started!

MonetizePendapatan Youtuber Mencapai Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Kalo kalian pernah coba upload video di youtube, pasti pernah liat kalo ada fitur Monetize di situ kan? Nah dari sini lah duit para youtuber itu berasal. Dengan aktifin fitur ini, berarti kalian mengijinkan Youtube atau Google memonetisasi video kalian. Yang artinya mereka bakal taruh iklan di video-video kalian.

Nah iklan atau ads di youtube sendiri ada 3 jenis. Yang pertama itu ada ‘In-Stream Ads’ (di awal atau dalam video), lalu ada ‘Display Ads’ (di pojok kanan atas browser) dan ‘Overlay Ads’ (di bawah display video). Sistem penghitungan nya sendiri adalah menggunakan CPM (Cost Per Mille) dengan pembagian 45:55.

Misalnya kalian dibayar 1 USD per CPM. Itu artinya setiap 1000 view iklan kalian ditonton viewer, maka kalian bakal terima 1 dollar. Kebayang kan ada berapa banyak duit yang masuk ke rekening youtuber semacam Pewdiepie?

EndorsementPendapatan Youtuber Mencapai Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Nah sumber pendapatan youtuber yang kedua ada dari Endorsement. Kalo seorang youtuber udah banyak banget subscribernya, pasti dong jadi media promosi yang bagus buat brand-brand. Kesempatan ini lah yang bisa dimanfaatkan sama para youtuber itu buat menjalin kerjasama buat bikin video paid promote atau endorse.

Job Off AirPendapatan Youtuber Mencapai Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Yang terakhir itu ada job off air yang diterima sama youtuber-youtuber di dunia nyata. Misalnya aja kaya tawaran ngehost, jadi bintang tamu dan masih banyak lagi deh. Tau sendiri kan kalo orang-orang Indonesia appreciate banget sama yang namanya ‘selebriti’. Jadi ya gak heran kalo ini juga jadi salah satu ladang pendapatan youtuber.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?