Musik Suara Alam Belantara Papua Barat Karya DJ Ninda

Musik Suara Alam Belantara Papua Barat Karya DJ Ninda

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata DJ? Gak jauh-jauh deh dari soal dugem, party, klub malam dan pastinya musik jedag-jedug. Tapi jangan salah loh, ternyata gak semua DJ begitu kok. Faktanya ada juga DJ yang lebih suka menggunakan musik suara alam untuk keperluan track nya.

Musik Suara Alam Belantara Papua Barat Karya DJ Ninda

Yes, doi adalah Ninda Felina, seorang DJ dan model yang juga merupakan aktivis pecinta lingkungan. Belum lama ini, Ninda tengah mengerjakan proyek musik nya yang bisa dibilang cukup unik. Karena gak seperti para DJ pada umumnya, DJ Ninda justru mengedepankan unsur suara alam ke dalam musik nya kali ini.

Proses produksi musik alam karya DJ Ninda ini terbilang cukup kompleks. Sebab dirinya harus datang langsung ke lokasi hutan belantara untuk bisa mendapat ‘bahan dasar’ yang maksimal. Dan seperti yang kita ketahui, lokasi hutan di Indonesia udah semakin menipis akibat pembangunan oleh manusia.

Musik Suara Alam Belantara Papua Barat Karya DJ Ninda

Jadi yah mau gak mau DJ Ninda langsung datang ke tempat dimana hutan masih belum banyak tersentuh pembangunan. Yap, dimana lagi kalo bukan di wilayah Papua, tepatnya di Papua Barat. Beruntung DJ Ninda mendapatkan dukungan dari salah satu organisasi penyelamat lingkungan, Greenpeace.

Sosialisasi Musik Suara Alam Lewat Project Save Our Sound (S.O.S), Kolaborasi DJ Ninda dan Greenpeace

Musik Suara Alam Belantara Papua Barat Karya DJ Ninda

Ninda mendapat dukungan penuh dari Greenpeace untuk menjalankan proyek ‘suara alam’ nya ini. Kolaborasi ini seperti sebuah kebetulan, mengingat dua-duanya punya kepentingan yang sama yaitu terhadap kelestarian alam. Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat perkotaan juga jadi salah satu objeksi mereka.

Baik Ninda dan Greenpeace sama-sama berharap masyarakat yang tinggal di kota agar sedikit concern terhadap isu lingkungan. Karena memang menurunnya jumlah hutan di Indonesia terkadang tidak disadari oleh mereka yang tinggal di kota besar. Salah satu caranya sudah dicontohkan Ninda dalam project SOS ini.

Musik Suara Alam Belantara Papua Barat Karya DJ Ninda

Yap, kepedulian masyarakat perkotaan dalam bentuk apapun bisa membantu menyelamatkan hutan Indonesia. Karena menurut Ninda, jika hutan habis, maka bukan hanya makhluk hidup yang tinggal di hutan aja yang kelaparan. Orang kota seperti Ninda juga bakal kelaparan, kalo udah gak ada lagi hutan buat doi produksi musik suara alam.

Leave your vote

18 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?