Museum Oasis Indonesia, Moleklane Museum Yang Ternyata Milik Pribadi

Museum Oasis Indonesia, Moleklane Museum Yang Ternyata Milik Pribadi

Berhubung Liam Galllagher kemarin baru aja gelar konser di Jakarta nih, kayanya seru kalo kita bahas oasis nih, yap tepatnya Museum Oasis Indonesia. Yoi, siapa sangka kalo salah satu anak bangsa punya hubungan yang cukup baik dengan band legendaris asal Britania Raya ini. Adalah sosok Ilham Priananda sang pemilik museum oasis ini.

Museum Oasis Indonesia, Moleklane Museum Yang Ternyata Milik Pribadi

Meseum Oasis? Yap, mungkin sebagian dari kalian bakal mikir kalo ini berlebihan. Tapi faktanya gak sama sekali boskuh, ini real. Jadi di daerah Ciputat ini ada seseorang yang bener-bener udah terlanjur ‘nyandu’ sama Oasis. Gak mau setengah-setengah, doi pun mengabdikan hidupnya untuk band dari kakak beradik Noel dan Liam Gallagher ini.

Keseriusan Ilham dalam menekuni kesenangannya terhadap Oasis bisa dibilang cukup gila. Gimana nggak, kalo disebutkan satu-satu pasti kalian yang ngaku fans berat Oasis pun bakal tercengang deh. Koleksi Ilham bahkan ada mulai dari CD fisik, sampai pasir dari pantai dimana cover single All Around diambil. Gokil yes?

Pemilihan Nama Moleklane Sebagai Museum Oasis Indonesia

Ada yang cukup menarik dari museum oasis milik Ilham ini. Adalah pemilihan kata Moleklane sebagai nama museum ini. Dikutip dari sejumlah sumber, ternyata Ilham terinspirasi dari penamaan jalan di Inggris sana, seperti Penny Lane, dsb. Nah, karena nama jalan di rumahnya adalah Jl. Molek, akhirnya dipilih lah Moleklane.

Museum Oasis Indonesia, Moleklane Museum Yang Ternyata Milik Pribadi

Ilham mengaku pada awalnya dirinya memang mengumpulkan pernak-pernik oasis ini sebagai koleksi pribadi aja. Tetapi berhubung semakin banyaknya koleksi Ilham, maka teman-temannya pun menyarankan untuk dibuatkan museum aja. Setelah beberapa pertimbangan akhirnya hal itu direalisasikan oleh Ilham.

Bukan tanpa sebab, hal ini sebenarnya didukung oleh kondisi dimana Ilham memang melanjutkan studi di Negeri Ratu Elizabeth. Jadi wajar aja kalo koleksinya semakin banyak tiap tahun nya. Dan gak cuma itu, Ilham juga punya hubungan yang lumayan dekat dengan para personel Oasis loh.

Pengalaman Ilham Sebagai Pemilik Museum Oasis Indonesia

Museum Oasis Indonesia, Moleklane Museum Yang Ternyata Milik Pribadi

Bisa memiliki semua ini seperti sekarang, Ilham mengaku pengalaman memegang peran penting. Salah satunya adalah ketika dirinya bertemu para personil Oasis secara personal. Hal itu diakui Ilham akhirnya berujung pada diberikannya sejumlah barang bersejarah dari Oasis secara gratis.

Gak cuma itu aja, Ilham juga menceritakan pengalaman pribadi nya dengan Oasis sewaktu kecil. Ilham menceritakan bahwa dirinya dulu pernah mencuri kaset album Oasis lantaran tak punya uang. Lalu ketika dirinya sudah bekerja, dia pun datang ke toko yang sama untuk membayarnya, yang tentu aja bikin si penjaga toko bingung.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?