Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Orang Penderita Gangguan Mental

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Orang Penderita Gangguan Mental

Mempunyai hewan peliharaan sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Banyak banget manfaat positif yang bisa didapatkan dari hewan peliharaan. Tapi tau gak sih ternyata manfaat hewan peliharaan itu gak cuma sebatas penghilang stres. Menurut penelitian, hewan peliharaan ternyata bisa membantu para penderita gangguan mental.

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Orang Penderita Gangguan Mental

Distraksi Sebagai Salah Satu Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Orang Dengan Gangguan Mental

Sebuah penelitia diadakan di Inggris, dengan menggandeng sejumlah peneliti dari beberapa universitas di Negeri Ratu Elizabeth. Tim peneliti tersebut beranggotakan sejumlah psikolog dari universitas di Liverpool, Manchester dan Southampton. Dan mereka menemukan hal yang lebih dari mereka harapkan.

Pasalnya, pada awalnya mereka hanya meneliti tentang apakah memiliki hewan peliharaan berpengaruh terhadap penderita gangguan mental. Ketimbang mendapatkan jawaban iya atau tidak, justru hasil penelitian mereka menyebutkan bahwa memelihara hewan justru mendatangkan banyak keuntungan bagi penderita gangguan mental.

Hal ini bahkan dijelaskan lebih lanjut dalam jurnal BMC Psychiatry. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa manfaat memiliki hewan peliharaan akan sangat terasa pada orang yang psikologis nya sedang tidak stabil. Sebab dalam kondisi seperti ini, distraksi yang diberikan oleh hewan peliharaan akan terasa lebih besar.

Kasarnya, seseorang dengan kondisi mental yang sehat saja bisa mendapatkan manfaat secara fisik dan mental dari memiliki hewan peliharaan. Seperti ketika kalian tidak sakit, terus minum obat batuk, pasti mengantuk bukan? Apalagi ketika anda sedang batuk, pasti efeknya lainnya dari obat tersebut juga bakal kalian rasakan.

Orang Dengan Gangguan Mental Yang Dikucilkan, Sebaiknya Memiliki Peliharaan

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Orang Penderita Gangguan Mental

Lebih lanjut lagi para peneliti menjelaskan bahwa orang dengan gangguan mental, khususnya mereka yang dikucilkan dari lingkungan nya direkomendasikan memiliki hewan peliharaan. Seperti yang dijelaskan dalam poin di atas tadi, hewan peliharaan bisa menjadi distraksi yang baik serta menjaga kepositifan diri.

Jika kita mengenal seseorang dengan kondisi seperti itu, ada baiknya kita mengenalkan tentang hewan peliharaan sedikit demi sedikit. Kita bisa mulai dengan mengajak hewan peliharaan kita bermain bersama mereka. Atau mungkin jika mereka sudah memiliki, mari dukung keputusan mereka dalam memiliki hewan peliharaan.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?