Liburan Mendaki Gunung? Ini Peralatan Yang Harus Kalian Bawa

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Nggak selalu yang namanya liburan harus keluar negri, terkadang liburan mendaki gunung menjadi salah satu hal baru yang belum pernah kalian rasakan. Berjuang dengan kondisi alam yang tak menentu, liburan mendaki gunung harus memiliki persiapan yang baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, inilah barang bawaan yang harus kalian bawa pada saat liburan mendaki gunung

1. Pada saat liburan Mendaki Gunung kalian pastinya harus membawa tas gunung

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Mungkin kalian berpikir ketika liburan mendaki gunung bisa menggunakan tas ransel biasa digunakan padahal tas ransel dan tas gunung berbeda sekali walaupun bentuknya sama. Tas gunung sendiri memiliki beberapa fitur yang cukup canggih sehingga membuat kalian yang menggunakannya tidak terlalu memberatkan satu titik otot bahu saja. Jangan mencoba membawa koper yah, pastinya kondisi jalanan di gunung tidak seperti di mall

2. Pakaian.

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Cukup mudah untuk membawa pakaian, yang pasti setiap pakaian yang kalian bawa terdapat 2 jenis yaitu

  • Pakaian untuk berkeringat
  • Pakaian untuk tidur

Tentunya kalian bisa mengalami hipotermia karena menggunakan baju yang basah terkena kerignat dan untuk pakaian lainnya merupakan opsional seperti

  • Celana Pendek
  • Sarung
  • Masker
  • Handuk

Pastikan pakaian yang kalian bawa memang di rancang untuk mendaki gunung

3. Sleeping bag dan matras.

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

2 Hal ini harus dalam satu paket karena percuma jika ada sleeping bag tetapi tidak ada matras kalian akan kedinginan karena embun dan juga sebaliknya jika tidak ada sleeping bag maka kalian akan kedinginan.

4. Jas Hujan.

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Kita berada di alam terbuka sehingga kita tidak bisa menebak apa yang terjadi, tentunya jas hujan akan melindungi kalian dari air hujan yang akan membuat kalian basah dan bahkan membuat tubuh kalian menjadi lemah.

5. Alat makan

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Tentu ini menjadi hal yang wajib, karena di gunung pun tentunya kita akan memasak. usahakan setiap orang membawa alat makan biar nggak menyusahkan orang lain. Alat makan yang kalian bawa usahakan plastik atau bahan yang tidak dapat pecah.

6. Obat-obatan

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Membawa obat p3k dan juga biasanya membawa obat-obat seperti tolak agin, minyak kayu putih, koyo atau counter pain dan juga obat diare, karena buang air besar di gunung cukup rumit.

7. Korek api

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Liburan mendaki gunung sangat memerlukan korek api dimana di gunakan untuk menyalakan kompor untuk memasak atau membuat api unggung dari ranting kering

8. Senter/headlamp

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Tentunya ketika kalian mendaki nggak selalu terang, kalian akan butuh senter/headlamp sebagai penerang jalan dan nggak salh lewat jalan. Senter juga terpakai di malam hari tiba-tiba kalian ingin buang air kecil.

9. Tissue kering & tissue basah

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Peralatan ini bisa menjadi barang yang serbaguna, bisa sebagai pembersih alat makan, peralatan gunung kalian bahkan sebagai pembersih setelah kalian buang air besar.

10. Baterai cadangan

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Beberapa peralatan gunung membutuhkan baterai. Jangan lupa membawa baterai cadangan karena pastinya ada kondisi-kondisi tidak terduga seperti baterai senter habis..Toh ukuran baterai ini juga kecil sehingga membawa dalam jumlah cukup banyak pun tidak masalah.

11. Kantong plastik untuk sampah dan pakaian kotor/basah.

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Kantong plastik untuk memisahkan pakaian kotor atau basah agak tidak tercampur dengan peralatan gunung lainnya dan juga sebagai tempat sampah untuk di bawah ke kaki gunung biar nggak menyampah di gunung, sayangilah lingkungan.

12. Tenda

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Tentunya ini merupakan peralatan gunung yang paling penting untuk kalian bawa. Tenda berguna untuk melindungi kita dari cuaca alam dan gangguan-gangguan lainnya.

13. Makanan/Minuman dan logistik lainnya

Liburan Mendaki Gunung - GituAja

Tentunya makanan dan minuman harus kalian bawa, nggak mungkin kan kalian berburu di gunung walaupun memungkinkan tetapi akan di larang oleh penduduk setempat. Bawalah makanan-makanan instan atau makanan tentara

 

Inilah barang bawaan yang penting saat liburan mendaki gunung, apakah kalian punya barang yang menurut kalian penting belum ada di artikel ini? silahkan di komen

Leave your vote

15 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?