Legalisasi Narkoba di Indonesia, Apakah Layak? Atau Justru Berbahaya?

Legalisasi Narkoba di Indonesia Apakah Layak Atau Justru Berbahaya

Beberapa tahun belakangan ini sempat ramai perdebatan tentang legalisasi narkoba di Indonesia, khususnya untuk jenis ganja. Masyarakat dan aparat pemerintahan yang sudah mulai gerah akan permasalahan ini tentu sangat menentang legalisasi ganja. Akan tetapi, beberapa kalangan ternyata ada yang justru memperjuangkan hal ini.

Legalisasi Narkoba di Indonesia Apakah Layak Atau Justru Berbahaya

Masalah narkoba emang gak akan pernah ada habisnya kalo kita bahas. Sepanjang tahun 2017 kemarin aja, udah berapa banyak kasus narkoba yang berhasil diungkap. Sebanyak 46.537 kasus narkoba dan 58.365 tersangka loh yang udah berhasil diungkap kepolisian dan BNN. Belum lagi jumlah yang tewas akibat narkoba mencapai 79 jiwa.

Dan juga jangan lupa, kerugian negara sebanyak 72 triliun rupiah per tahun nya gara-gara barang haram yang satu ini. Jadi, kayanya cukup jelas yah alasan kenapa banyak yang menolaknya. Tapi sayangnya, selalu ada dua sisi yang bersebrangan dalam kehidupan ini, begitu juga perihal penolakan legalisasi narkoba ini.

Legalisasi Narkoba di Indonesia Apakah Layak Atau Justru Berbahaya

Ya, ternyata disamping banyaknya penolakan akan legalisasi ternyata ada yang memperjungkannya mati-matian. Bagi mereka, legalisasi narkoba justru malah akan menekan angka jumlah pecandu dan juga menambah pendapatan negara. Dan sayangnya mereka punya alibi yang cukup kuat untuk argumen mereka ini.

Apakah Legalisasi Narkoba di Indonesia Akan Membawa Dampak Positif? Atau Justru Negatif?

Legalisasi Narkoba di Indonesia Apakah Layak Atau Justru Berbahaya

Dalam artikel ini, kita akan membahas ini semua dari dua sudut pandang berbeda. Kita gak akan mengarahkan opini kalian ke pro atau justru kontra. Sebab semua punya argumen masing-masing yang didasarkan pada fakta. Jadi disini kita hanya akan menjabarkan kenapa alasan orang pro atau justru kontra terhadap legalisasi narkoba.

Kenapa Dukung Legalisasi Narkoba?

Dukungan terhadap legalisasi narkoba ini salah satu nya karena masalah peran pemerintah. Menurut mereka yang pro terhadap wacana ini, faktanya negara rugi banyak karena masalah penyalahgunaan narkoba ini. Padahal sebenarnya jika dikelola dengan baik, justru ini bakal bisa menekan angka jumlah pengguna narkoba di Indonesia loh.

Legalisasi Narkoba di Indonesia Apakah Layak Atau Justru Berbahaya

Selain itu, Indonesia merupakan penghasil ganja terbaik di dunia. Yang menurut hasil penelitian Lingkar Ganja Nusantara (LGN), ganja punya banyak sekalo manfaat. Masalah dipakai untuk mabok/giting, itu karena penyalahgunaan. Ini tentu akan bisa jadi sumber pemasukan negara jika dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Kenapa Tolak Legalisasi Narkoba?

Ada pro ada juga kontra tentang legalisasi narkoba di Indonesia ini. Malah mungkin akan lebih banyak yang kontra akan kebijakan ini. Biasanya kalangan yang menolak ini yang memiliki pengalaman pahit dengan narkoba. Entah karena dia bekas pecandu, atau mungkin punya kerabat yang juga pecandu.

Legalisasi Narkoba di Indonesia Apakah Layak Atau Justru Berbahaya

Menjalani dan/atau hidup bersama seorang pecandu narkoba tentu bukan hal yang menyenangkan. Bayang-bayang akan jerat hukum pasti selalu menghampiri mereka. Belum lagi resiko penyakit bahkan kematian yang bisa terjadi kapan saja. Belum lagi terkurasnya harta benda karena menuruti hawa nafsu membeli barang haram ini.

Itu sia kira-kira sedikit alasan mengapa orang pro/kontra terhadao legalisasi narkoba. Karena kita adalah negara demokrasi, semua pilihan kembali kepada pribadi masing-masing. Apakah kalian mendukung? Atau justru menolak tentang legalisasi narkoba di nusantara?

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?