Kenaikan Suhu Global, Benua Asia Bakal Terpisah Pada Tahun 2100

Kenaikan Suhu Global, Benua Asia Bakal Terpisah Pada Tahun 2100

Kurang dari 90 tahun lagi, tepatnya yaitu pada tahun 2100, benua Asia diperkirakan bakal tercerai berai. Yap, kenaikan suhu global bakal membuat permukaan air laut meningkat. Akibatnya, tentu orang-orang yang bertempat tinggal di sepanjang garis pantai terpaksa ‘hijrah’ ke dataran yang lebih tinggi.

Kenaikan Suhu Global, Benua Asia Bakal Terpisah Pada Tahun 2100

Menurut perkiraan para ahli, sekitar dua miliar manusia -khususnya yang berdomisili di garis pantai- bakal kehilangan tempat tinggal. Dan ini berarti kita yang tinggal di dataran lebih tinggi mau tidak mau harus berbagi lahan dengan mereka. Lebih mengerikannya, bahaya laten ini bisa datang kapan saja, bahkan lebih cepat dari yag kita kira.

“Kita akan tinggal berhimpitan dengan lebih banyak orang di lahan yang makin menyempit. Dan itu terjadi lebih cepat dari yang kita kira,” ujar Charles Geisler, ketua penelitian dari Cornell University.

PBB Sebut Kenaikan Suhu Global Membuat Air Laut Naik Satu Meter

Kenaikan Suhu Global, Benua Asia Bakal Terpisah Pada Tahun 2100

Kalao sebelumnya Badan Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa Bangsa memprediksi dalam seabad permukaan laut bakal naik satu meter, prediksi tersebut kini berlipat ganda. Yap, sekarang permukaan laut di dunia bakal bertambah sampai dua meter, masih dalam jangka waktu yang sama yaitu satu abad.

Itu belum ditambah jika terjadi kenaikan suhu secara ekstrim akibat ulah manusia yah. Kasarnya begini, kalo suhu bumi naik nih, satu derajat celsius aja, maka permukaan laut diperkirakan bakal naik sampai enam meter. Kebayang gak kalo ini benar-benar kejadian? Bakal banyak banget negara di Asia Tenggara yang bakal tenggelam.

Keputusan Trump Disebut Bakal Menambah Kerusakan Bumi

Kenaikan Suhu Global, Benua Asia Bakal Terpisah Pada Tahun 2100

Disamping kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia yang emang gak bisa dihindari, ada satu lagi yang memperparah kondisi ini. Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, membuat semua kondisi ini menjadi lebih parah. Alasannya karena Trump mengumunkan keputusan untuk menarik Amerika dari Kesepakatan Paris Tahun 2015.

Salah satu isi dari kesepakatan Paris tersebut adalah: “Amerika Serikat—sebagai salah satu negara yang paling banyak menghasilkan gas rumah kaca—harus menyumbangkan dana sebesar $3miliar pada Green Climate Fund, yang dibentuk untuk membantu negara-pulau kecil dan negera berkembang membiayai inisiatif memerangi pemanasan global.”

Dan sekarang, setelah AS keluar dari kesepakatan tersebut, maka bisa dipastikan akan lebih banyak negara-negara di atas tersebut yang bakal kewalahan menghadapi efek dari perubahan iklim. So, menurut kalian apa yang bisa kita lakukan buat bisa memperpanjang usia bumi dari ancaman kenaikan suhu global ini?

Leave your vote

15 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?