5 Kasus YouTuber Paling Heboh Yang Terjadi di Indonesia!

Kasus Youtuber Indonesia - GituAja

Profesi sebagai YouTuber kini tengah menjadi salah satu profesi paling menjanjikan di Indonesia. Apalagi, YouTube sebagai media atau wadah penampung video terpopuler di dunia juga tengah populer digandrungi masyarakat. Pendapatan seorang YouTuber terkenal pun gak jauh beda sama pengusaha atau pebisnis sukses.

Namun, menjadi seorang YouTuber terkenal ternyata punya banyak resiko. Bahkan gak sedikit yang kehilangan popularitas dalam sekejap hanya karena kasus akibat salah bertingkah. Berikut 5 kasus YouTuber paling heboh di Indonesia.

 

1. Kasus #SALAHBELI

Kasus Youtuber Indonesia - GituAja
YouTube

Kasus YouTuber yang sempat menimpa salah satu YouTuber bernama Laurentius Rando, yang sebelumnya dikagumi banyak penggemar, menjadi sering dihujat, dibully serta kehilangan banyak subscriber. Kenapa?

YouTuber yang banyak disukai karena kontennya yang menghibur ini melakukan kesalahan fatal setelah ketahuan menjual barang pemberian fansnya secara online. Parahnya, Rando memberikan deskripsi “salah beli” pada barang berupa keyboard komputer tersebut. Alhasil, banyak fans yang kecewa dan meng-unsubscribe channel YouTube Rando. Beberapa YouTuber lain bahkan membuat video parodi yang mengkritik perbuatan Rando.

2. Awkarin & Anya GeraldineKasus Youtuber Indonesia - GituAja

Siapa sih yang gak tahu dua gadis yang sering bikin heboh media sosial ini? Karin Novilda alias Awkarin dan Nur Amalina Hayati alias Anya Geraldine adalah dua sosok YouTuber yang sempat bikin heboh di awal kemunculannya.

Awkarin mengawali kiprahnya di dunia YouTube dengan mengunggah video curahan hatinya saat putus dari pacar. Video tersebut kemudian jadi viral dan sukses membuatnya terkenal di Indonesia. Sedangkan Anya, lebih menghebohkan lagi. Video liburan mesra di Bali bareng sang pacar mengundang banyak protes dari kaum orang tua. Anya kemudian dilaporkan ke Menkominfo terkait video tersebut.

3. Kasus “Ndeso” KaesangKasus Youtuber Indonesia - GituAja

Ramainya kasus penistaan di politik ternyata merembet sampai ke YouTuber. Hal itu yang terjadi pada seorang Kaesang Pangarep. Putra presiden Joko Widodo itu sempat dilaporkan karena dianggap menebar kebencian di videonya yang diunggah ke YouTube.

Kaesang dilaporkan karena menggunakan kata “Ndeso” pada suatu kelompok masyarakat tertentu. Setelah diselidiki, polisi gak menemukan adanya dugaan penebaran kebencian di video Kaesang. Malahan, sang pelapor yang kini berurusan dan tengah diusut oleh pihak berwajib.

4. Kubu Positif vs Negatif

Kasus Youtuber Indonesia - GituAja

Banyaknya YouTuber yang sukses di Indonesia sempat membuat adanya perpecahan menjadi dua kubu. Dua kubu itu kemudian dikenal dengan positif karena kontennya yang mencoba menampilkan hal-hal positif, dan kubu negatif yang kontennya lebih terkesan slengean dan apa adanya.

Edho Zell (mewakili kubu positif) dan Reza Oktovian (kubu negatif) yang awalnya banyak diduga bertengkar kemudian menyatakan hubungan persahabatan mereka baik-baik saja. Dalam event YouTube Fanfest, mereka berdua terlihat akrab dan menunjukkan hubungan baik antar keduanya dalam satu panggung.

5. Kasus Payung Teduh

Kasus Youtuber Indonesia - GituAja

Lagu “Akad” yang tengah populer belakangan ini ternyata sempat heboh di YouTube. Pasalnya, Payung Teduh dianggap menggunakan sebuah foto di video klip mereka tanpa izin si empunya foto. Foto Bu Kaori yang ada dalam video tersebut membuat mereka tersandung masalah hak cipta.

Kasus itu selesai setelah Payung Teduh merevisi video klip mereka. Namun, masalah lain muncul terkait banyaknya penyanyi yang meng-cover lagu tersebut. Pihak Payung Teduh merasa keberatan karena banyak dari mereka yang mengganti lirik lagu tanpa izin untuk sekedar mendapat banyak penonton.

Inilah 5 kasus Youtuber paling heboh. Gak semuanya berakhir dengan tragis memang, tapi dengan kejadian-kejadian di atas, kita diingatkan supaya lebih berhati-hati dalam membuat konten. Terutama buat kamu yang ingin menjadi seorang YouTuber.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?