Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya?

Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya

Kalo kalian semua pada baca berita pasti pada tau deh, kasus penganiayaan guru yang dilakukan sama muridnya. Kasus murid melawan guru ini sekarang bisa dibilang udah masuk ke dalam tingkat yang mengkhawatirkan. Gimana nggak, orang kasus ini bisa sampai menimbulkan korban nyawa.

Yap, belom lama ini ada lagi kasus terbaru seorang murid yang menganiaya sang guru. Gak tanggung-tanggung, si guru bahkan sampai meregang nyawa. Gak habis pikir banget kan, seorang murid yang harusnya belajar di sekolah gitu loh. Ini malah menganiaya, bahkan sampai menewaskan si guru nya.

Dari kejadian ini, akhirnya timbul lah pertanyaan, sebenernya apa sih yang membuat seorang murid itu bisa sampai melawan guru? Siapa coba yang bertanggung jawab atas kasus ini? Apa muridnya sendiri? Guru nya? Orang tua murid? Atau justru jangan-jangan justru ini bisa terjadi karena kelalaian sekolah?

Faktor Penyebab Banyaknya Kasus Murid Melawan Guru di Indonesia

Sikap dan Perilaku Guru

Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya

Meskipun dalam kasus ini guru banyak menjadi korban, tapi bukan berarti guru gak luput dari kesalahan. Sikap dan perilaku guru yang keras merupakan menjadi alibi paling utama para siswa yang terlibat kasus seperti ini. Biarpun sebenarnya alibi itu gak dibenarkan yah, tapi faktanya yang terjadi di lapangan emang kaya gitu.

Manajemen Sekolah

Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya

Udah rahasia umum kayanya, kalo sekolah (terlebih swasta) itu masih banyak yang manajemen nya ngaco. Mungkin karena takut kehilangan murid atau gimana gitu ya kan. Akibatnya apa? Ya gitu, semakin banyak murid yang semena-mena karena mereka merasa udah bayar kok.

 

Pendidikan di Keluarga

Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya

Ini bisa dibilang merupakan faktor penyebab yang utama dan paling krusial kenapa banyak murid yang melawan guru. Pentingnya pendidikan moral oleh orangtua emang menentukan banget bagaimana seorang anak bisa bersikap dan berperilaku di luar. Apalagi ketika dalam kondisi mereka sebagai seorang siswa.

 

Peran Media Hiburan

Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya

Gak perlu dijelasin lagi lah yah gimana tayangan televisi jaman sekarang ini udah banyak banget merusak moral anak-anak. Mulai dari tayangan variety show, reality show, sinetron dan masih banyak lagi.

 

Narkoba

Kasus Murid Melawan Guru Semakin Banyak, Apa Penyebabnya

Satu lagi yang gak boleh terlupa, yaitu narkoba. Kita mesti berani mengakui kalo saat ini narkoba bahkan udah menyentuh lingkungan sekolah loh. Semakin banyak anak sekolah yang menjadi pecandu narkoba, cuma karena salah gaul dan coba-coba. Miris bukan?

Itulah tadi kira-kira faktor penyebab kenapa semakin banyak kasus murid melawan guru di Indonesia sekarang ini. Kalo menurut pendapat kalian gimana? Sebenernya siapa sih yang paling bertanggung jawab?

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?