Ini Loh 8 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Coffee lovers harus tahu nih!!

Biasanya kopi menjadi minuman wajib di pagi hari untuk mengawali hari supaya pikiran dan tubuh lebih segar. Tapi bukan berarti kopi gak bisa diminum malam hari atau siang hari, ada juga beberapa orang yang lebih suka minum kopi di malam hari. Ada beberapa rumor yang menyimpulkan kalo minum kopi itu bisa merusak kesehatan tubuh kita apalagi minum kopinya berlebihan. Tapi tenang dulu, karena rumor ini gak 100% bener coyy. Ada juga yang menyebutkan bahwa kopi itu ternyata sehat loh, Nih dia 8 manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah kepikunan

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (1)
Via http://www.eluniversal.com.mx/

Biasanya penyakit pikun atau alzheimer ini adalah penyakit yang sering diderita oleh orang yang sudah tua. Belum ada obat khusus untuk menyembuhkan penyakit ini, tapi penelitian menunjukkan bahwa selain olahraga yang teratur dan makan yang cukup, minum kopi bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit ini. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk mencegah terbentuknya plak amiloid serta mencegah terjadinya kerusakan neurofibrulary yang menjadi sumber penyebab terjadinya penyakit alzheimer.

2. Membantu membakar lemak

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (2)
Via http://geraialatfitness.com/

Kamu udah pada tahu belum kalo ternyata kafein di dalam kopi itu sebagian besar suplemen pembakar lemak? Alasannya karena kafein adalah bahan alami yang telah terbukti dapat membantu proses pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme antara 3-11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang obesitas, dan 29% pada orang kurus atau kondisi tubuh seimbang.

3. Mencegah penyakit batu empedu

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (3)
Via https://www.dokterkamu.com

Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang meminum kopi setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada resiko 25% lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya juga menemukan hasil yang sama untuk pria.

4. Mengurangi resiko Diabetes

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (4)
Via http://drwox.com/

Banyak studi yang menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Pada Januari 2012 sebuah laporan dalam ‘Journal Of Agriculturual & Food Chemistry’ menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang hanya akan ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2. Makanya rajin-rajin yah minum kopinya. Haha 😀

5. Menurunkan resiko Kanker

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (5)
Via https://financialtribune.com

Udah pada tahu belum kalo ternyata mengkonsumsi kopi ada kaitannya dengan penurunan resiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati. Studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa meminum setidaknya dua atau tiga cangkir sehari dapat mengurangi resiko atau menunda timbulnya kanker payudara loh. Studi di Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa kopi baik yang biasa ataupun tanpa kafein bisa menurunkan resiko kanker prostat untuk pria.

6. Mampu meningkatkan energi dalam otak

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (6)
Via http://papasemar.com/

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (6)

Saat kamu merasa mulai lelah dan kurang energi, kopi juga bisa bantu kamu mengatasi rasa lelah loh. Itu karena kafein yang sesungguhnya merupakan zat-zat psikoaktif. Setelah kamu minum kopi, kafein akan diserap ke aliran darah, kemudian dialirkan ke otak. Di dalam otak, kafein menjadi penghalang inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin. Dalam kondisi ini, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin akan meningkat yang mengarah pada peningkatan neuron dan kinerja otak.

7. Mengandung Antioksidan

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (7)
Via http://npid-pass.com/

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam ”Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber antioksidan dalam pola makan orang Amerika. Selain itu, ada lagi faktanya bahwa kopi bisa juga dijadikan sebagai masker wajah alami karena kandungan antioksidan yang tinggi gaes. Daripada masker di salon lumayan menguras duit, mendingan pake kopi aja gaes.

8. Dapat mencegah penyakit jantung atau stroke

gituaja.com - 8 manfaat minum kopi (8)
Via https://hellosehat.com

Fakta dari hasil penelitian sejumlah 8300 wanita bahwa meminum kopi dapat menghindarkan kita dari penyakit serangan jantung sampai stroke. Peminum kopi dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Di dalam penelitian tersebut, mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.

Nah udah tahu kan sekarang kalo kopi itu ternyata banyak banget manfaatnya buat kesehatan kita? mulai sekarang harus rajin yah minum kopinya.

Leave your vote

18 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Bagaimana Komentar Kamu?

Leave a Reply