Faktor Penyebab Hikikomori, Mengisolasi Diri Ala Orang Jepang

Faktor Penyebab Hikikomori, Mengisolasi Diri Ala Orang Jepang

Mengurung diri dari segala aktivitas sosial atau biasa disebut Hikikomori sangat populer di Jepang. Yap, masalah sosial yang satu ini memang sangat mengganggu kehidupan bermasyarakat negeri bunga sakura tersebut. Banyak banget faktor penyebab hikikomori, baik itu internal atau eksternal.

Wait, kayanya sebelum lebih jauh mending kita bahas sedikit dulu tentang apa itu hikikomori yah. Hikokomori adalah aktivitas mengisolasi diri dari kehidupan sosial dalam waktu yang cukup lama. Biasanya sih Hikikomori ini dilakukan paling sedikit di atas 6 bulan. Dan kasus hikikomori terlama pernah dilaporka yaitu selama 30 tahun.

Yap, seorang berumur 50 tahun pernah mengaku bahwa dirinya terlah melakukan hikikomori sejak dirinya berusia 20 tahun. Gila gak? Bayangin aja 30 tahun kita bener-bener gak keluar rumah, bahkan kamar. Kebayang gak bakal kaya apa kejadiannya sekalinya nanti keluar rumah?

Ini Dia Yang Menjadi Faktor Penyebab Hikikomori

Sejatinya Hikikomori memang sudah dilakukan orang Jepang sejak dulu. Tapi berbeda dengan jaman sekarang yang berkonotasi negatif. Jaman dulu orang Jepang melakukan hikikomori untuk merenung dan interospeksi serta menemukan jati diri. Namun semakin kesini tampaknya hal tersebut memiliki pergeseran makna.

Nah dari sekoan banyak hal, secara umum ada empat faktor utama penyebab seseorang melakukan hikikomori. Simak penjelasan nya di bawah ini!

Faktor Keluarga

Faktor Penyebab Hikikomori, Mengisolasi Diri Ala Orang Jepang

Seorang anak yang melakukan hikikomori biasanya didukung oleh keluarga. Ini lah yang membuat angka hikikomori sangat tinggi di Jepang. Biasanya keluarga mendukung karena mereka rata-rata sangat overprotective terhadap anak mereka. Akhirnya lama kelamaan sang anak jadi kebablasan hikokomori nya.

Tekanan Prestasi Akademik

Faktor Penyebab Hikikomori, Mengisolasi Diri Ala Orang Jepang

Faktor penyebab hikikomori yang kedua adalah kerasnya persaingan akademik di sekolah. Tekanan berlebih didapat sang anak terutama dari orangtua. Belum lagi antara siswa teman satu sekolah persaingan juga sering menimbulkan tekanan. Jadi ini menyebabkan mereka menarik diri dari kompetisi.

Bully Fisik dan Verbal

Faktor Penyebab Hikikomori, Mengisolasi Diri Ala Orang Jepang

Ini sepertinya jadi penyebab utama mengapa seseorang melakukan hikikomori. Kerap menerima perlakuan bully dari lingkungan pergaulan mereka membuat mereka memilih bersembunyi. Dan tempat yang paling aman buat bersembunyi adalah rumah mereka sendiri, kamar mereka sendiri.

Simply Otaku

Faktor Penyebab Hikikomori, Mengisolasi Diri Ala Orang Jepang

Yang membuat seseorang melakukan hikikomori yang terakhir adalah they’re simply an otaku. Yap, kebanyakan mereka memiliki hobi yang terlalu ekstrim dalam menjalaninya. Sampai-sampai mereka gak mau melakukan hal lain selain hobi mereka tersebut. Mereka bakal milih baca ratusan komik di rumah daripada mengobrol dengan satu orang di luar rumah.

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?