Alasan Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan Dan Pentingnya Kesadaran Untuk Menjaga Lingkungan

Buang kebiasaan buruk untuk mencemari lingkungan, mulailah belajar membuang sampah pada tempatnya

sampah

Sedari kecil setiap orang pasti sudah pernah diajarkan untuk tidak buang sampah sembarangan oleh guru dan orang tua tercinta, namun terkadang masih saja kita melihat sampah yang dibuang tidak pada tempatnya, karena kenyataan nya hal seperti ini tidak sulit kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kesadaran manusia untuk tidak mengotori lingkungan terkadang cukup aneh, karena pasti mereka jelas-jelas tahu akibat dari mengotori atau mencemari lingkungan, dan penyebab dari terjadinya masalah lingkungan itu tadi, namun masih saja tidak bisa menjaga diri untuk menjaga kebersihan.

Sampah, menurut wikipedia adalah merupakan material sisa baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair ataupun gas. Mungkin beberapa dari kalian yang tinggal di perkotaan ada yang menganggap ini adalah hal biasa dan bukan masalah, karena sampah bukanlah hal baru bagi kita sebagai orang yang tinggal di area padat penduduk. Sampah di DKI Jakarta sendiri bisa mencapai 7.000 ton sampah dalam satu hari, menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji.

Bisakah kalian bayangkan bila kesadaran untuk membuang sampah sembarangan terus menerus dibiarkan, sampah bertebaran di jalanan, dibuang ke selokan, sungai, dan bahkan mencemari laut?

Berikut konsekuensi dan akibat dari membuang sampah sembarangan.

Tumpukan sampah menyebabkan banjir

Alasan Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan Dan Pentingnya Kesadaran Untuk Menjaga Lingkungan

Sampah yang menumpuk di aliran-aliran selokan dan bantaran sungai menjadi faktor utama dari terjadinya banjir. Ini adalah bencana, bilamana ketinggian air sudah tidak dapat terkontrol. Usaha dari pemerintah untuk membersihkan kota dari sampah tidak bisa terwujud dengan baik apabila tidak dibantu kesadaran kita semua untuk ikut menjaga lingkungan.

Pencemaran udara dari bau sampah

Alasan Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan Dan Pentingnya Kesadaran Untuk Menjaga Lingkungan

Sensasi bau sampah yang menggunung sudah pasti sangat mengganggu dan menggelitik hidung bila kita melintasi nya. Hasil samping dari pengurain zat organik menghasilkan gas H2S yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan.

Merusak dan mengganggu ekosistem

Alasan Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan Dan Pentingnya Kesadaran Untuk Menjaga Lingkungan

Limbah domestik merupakan salah satu masalah yang sulit diatasi. Sampah yang bertebaran di sembarang tempat dapat mengganggu kelangsungan hidup kehidupan hayati.

Leave your vote

186 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?

Leave a Reply