Berjuta Keindahan di Timur Indonesia, Pulau Sumbawa

Emang the best deh Indonesia alamnya!!

 

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa
Via http://www.reisedepeschen.de/

Gak bakalan ada habisnya yah kalo ngebahas tentang alam Indonesia. Negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia ini emang punya ribuan pulau dengan keindahannya masing-masing. Gak cukup deh waktu 10 tahun aja buat ngunjungin semua pulau yang ada di Indonesia. Lol 😀

Nah kali ini berjuta keindahan itu bakalan kita bahas dari salah satu pulau di Timur Indonesia, Yap tepatnya di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Emang kalo daerah Timur Indonesia ini udah dijamin deh keindahannya gokieelll abisss. Gak usah basa-basi lagi langsung aja di simak nih.

 

Pesona pasir putih dan birunya air laut di Pantai Lawar

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (1)
Via http://www.kaktusgenius.com/

Pantai ini letaknya di ujung barat Pulau Sumbawa, tepatnya di Desa Sekongkang, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Begitu sampai disini, kamu bakalan disuguhin dengan pemandangan pasir putih, gradasi hijau pepohonan disekitar pantai, dan birunya air laut. Disini bisa juga jadi spot kamu buat ngeliat sunset loh, gokill.

 

Surga kecil itu bernama Pulau Kenawa

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (2)
Via http://bolehtanya.com/

Sebuah pulau kecil di sebelah barat daya Sumbawa ini hanya memiliki luas kurang lebih sekitar 15 hektar. Pulau ini juga gak berpenghuni lohh gaess. Di pulau ini cuma ada hamparan pasir putih yang sedikit bercampur dengan padang ilalang dan sebuah bukit kecil ditengah pulaunya, ada juga beberapa saung kecil untuk duduk-duduk lucu gitu. Kalo buat honeymoon udah pasti romantis banget disini, eciee cieee.

 

Padang savanna di Pulau Paserang

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (3)
Via http://yuliaslovic.com/

Pulau yang berada di antara Pulau Lombok dan Sumbawa ini bakalan ngasih kamu kesan yang gak bisa dilupain deh, apalagi kalo kesini sama pasangan. Selain karena airnya yang jernih, kamu juga bakalan puas berjalan di antara hamparan padang savana gaes. Ditambah sambil ngeliat sunset disini, romantisss banget kan.

 

Sebuah bukit dari Desa Mantar yang menyimpan banyak keindahan

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (4)
Via http://diditpharm.blogspot.co.id/

Nah ini dia spot terbaik buat nikmatin panorama Pulau Sumbawa dari atas, Gunung Rinjani yang termasuk salah satu gunung tertinggi ke-2 di Indonesia ini juga keliatan loh dari atas bukit ini. Kamu gak perlu alat apapun buat ngeliat panorama alam ini, cukup dengan mata telanjang semua bakalan keliatan jelas banget deh dari atas sini. Ntapp gaess!!

 

Gili Meriam, pulau kecil dengan keindahan yang menakjubkan.

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (5)
Via http://agushong.blogspot.co.id/

Pulau yang luasnya cuma 3,6 hektar ini punya daya tarik tersendiri loh. Biarpun pulaunya yang gak begitu besar tapi keindahan pasir putihnya dan hijaunya pepohonan bisa bikin kamu melted gitu deh, apalagi disini juga gak berpenghuni loh gaes. Jadi kamu bisa deh lari-larian ngiterin pulau ini sama pasanganmu kayak di film India gitu deh. Haha 😀

 

Gili Bedil dan Gili Keramat, surganya buat para pecinta snorkelling.

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (6)
Via http://www.runganremaja.com/

Disinilah tempatnya para pencinta snorkelling, Gili Bedil dan Gili Keramat. Biota laut disini oke banget deh gaes, buat kamu yang kesini udah pasti gak bakalan kecewa deh sama pemandangan biota lautnya. Disini juga termasuk pulau yang gak berpenghuni loh. Jadi kamu bisa sepuasnya menikmati keindahan pulau ini.

 

Surga bawah laut di Pulau Moyo

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (7)
Via http://ayokesumbawa.wordpress.com/

Pulau ini ternyata pernah dikunjungi loh sama Putri kerajaan Inggris, Lady Diana. Baginya, pulau ini adalah tempat terindah yang pernah dia kunjungin. Pulau Moyo sendiri juga menjadi salah satu spot snorkelling ataupun diving terindah di Indonesia loh. Di bawah lautnya kamu bakalan disuguhin dengan berbagai macam biota laut yang jarang kamu temuin deh.

 

Tanjung Menangis, sejarah yang berbalut keindahan.

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (8)
Via https://www.flickr.com

Tenang gaes disini gak seseram namanya kok, cuma emang dahulu kala itu ada seorang putri kerajaan dari Sumbawa selalu menangis di tanjung ini, alesannya karena cintanya selalu ditentang oleh ayahnya sendiri. Sang pujaan hati akhirnya berlayar meninggalkan Pulau Sumbawa dengan perasaan yang sedih. Nah, di tanjung inilah akhirnya sang putri menghabiskan waktu menguras air matanya. Tapi siapa sangka pulau yang punya nama agak sera mini ternyata punya keindahan yang luar biasa loh. Gak jarang banyak pengantin muda yang menghabiskan waktunya untuk berbulan madu disini. Soalnya disini emang punya suasana yang tenang dan pemandangan yang gak kalah deh sama pulau-pulau lain yang ada di Sumbawa.

 

Danau Satonda, danau yang berada di tengah pulau. 

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (9)
Via https://akhdadiyah.wordpress.com

Seperti Danau Kakaban, Danau Satonda merupakan salah satu hasil karya dari letusan Gunung Tambora beberapa ratus tahun yang lalu. Danau air asin ini yang berada di tengah pulau ini sekarang jadi salah satu tempat favorit para backpacker untuk sekedar bersantai dan berfoto. Tapi, jangan berenang disini yah, soalnya airnya masih belum diketahui apa kandungannya.

 

Camping di Pulau Nusa Pudu, sebuah pengalaman baru yang bakalan kamu dapetin disini.

Gituaja.com - Berjuta Keindahan di Sumbawa (10)
Via http://www.indonesia-tourism.com/

Pulau Nusa Pudu yang terletak di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu ini layak buat diacungi jempol karena keindahan bawah laut dan panorama alam dari atas bukit di pulau ini. Kalo kamu kesini mending bawa peralatan camping deh, soalnya emang sayang banget kalo kamu lewatin malam hari tanpa berkemah disini.

 

Nah itu tadi beberapa tempat yang bisa jadi referensi kamu kalo liburan ke Sumbawa. Kalo kamu kesini mending sama pasanganmu sih, soalnya kan tempatnya romantis semua, sayang banget kalo kamu cuma sendirian. Kalo kamu punya referensi tempat lain lagi di Sumbawa boleh kok di share disini gaess.

Leave your vote

18 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply