Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia, Sudan Mati di Usia 45

Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia, Sudan Mati di Usia 45

Badak Putih Utara jantan (White Northern Rhinocheros) terakhir di dunia saat ini diberitakan mati. Sudan (nama badak tersebut) memang merupakan satu-satunya badak jantan yang tersisa dari spesies Badak Putih Utara ini. Ini tentu menjadi berita duka bagi seluruh dunia, yang artinya badak putih utara kini termasuk ke dalam hewan punah.

Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia, Sudan Mati di Usia 45

Sudan dinyatakan mati pada usia nya yang ke-45 setelah disuntik mati oleh tim dokter OI Pejeta, Kenya. Mereka terpaksa melakukan hal tersebut karena memang badak jantan terakhir dari spesies nya ini menderita komplikasi penyakit yang sudah parah. Bahkan untuk berdiri saja Sudan sudah tidak sanggup dalam 24 jam terakhir hidupnya.

“Akhirnya, tim dokter hewan dari OI Pejeta dan Dinas Alam Liar Kenya memutuskan untuk menyuntik mati Sudan. Dia adalah raksasa lembut. Di balik tubuh besarnya, kepribadian Sudan sangatlah luar biasa,” Elodie Sampere, Juru Bicara OI Pejeta memberikan keterangan.

Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia, Sudan Mati di Usia 45

Kematian Sudan ini bisa dibilang pintu bagi spesies Badak Putih Utara menuju kepunahan. Bagaimana tidak, Sudan adalah spesies jantan terakhir mereka. Saat ini badak putih utara hanya tersisa dua ekor saja di dunia, dan keduanya adalah betina.

Fakta Menyedihkan Kematian Sudan, si Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia

Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia, Sudan Mati di Usia 45

Pernah Ditangkap dan Dijadikan Hewan Sirkus

Sudan berusia 45 tahun, yang artinya badak putih utara jantan ini lahir pada tahun 1973. Dibalik kisah hidup nya yang menyedihkan, ternyata Sudan sudah mengalami masa kelam sejak berumur 2 tahun. Pada Februari 1975, Sudan ditangkap oleh kawanan pemburu yang bekerja untuk Chipperfield’s Circus.

Bebas dari jeratan bisnis eksploitasi hewan di sirkus tersebut, Sudan dikirim ke Kebun Binatang Králové Dvůr di Republik CekoKebun Binatang Králové Dvůr di Republik Ceko. Di kebun binatang tersebut Sudan menjadi satu dari lima koleksi badak putih utara. Baru pada 2009 Sudan dipindahkan ke OI Pejeta, Kenya.

Hewan Afrika Terbesar Ketiga

Meskipun bukan yang terbesar, ukuran tubuh badak putih utara ini termasuk cukup masif. Dengan bobot 1,7-2,4 ton dan panjang 3 hingga 4 meter, badak putih utara merupakan spesies terbesar ketiga di Afrika. Nomor dua ditempati oleh kuda nil dan urutan pertama yaitu gajah afrika.

Badak Putih Utara Jantan Terakhir di Dunia, Sudan Mati di Usia 45

Sudah Tidak Subur Selama Bertahun-tahun

Berbagai usaha telah dilakukan OI Pejeta untuk mengembangbiakan spesies badak putih utara ini. Namun sayang, menurut CEO OI Pejeta sendiri, badak putih utara jantan tersebut ternyata sudah tidak subur selama bertahun-tahun. Namun kabarnya tim konservasi sudah berhasil mengambil sampel genetik Sudan.

Dijaga Tentara 24 Jam

Sebagai satu-satu nya badak putih utara jantan terakhir yang tersisa, Sudan mendapatkan penjagaan ekstra ketat. Sudan dijaga oleh penjaga bersenjata, pemancar yang dipasang pada cula, menara pengawas, pagar penahan, drone, anjing penjaga, pemancar yang dipasang pada cula, menara pengawas, pagar penahan, drone, anjing penjaga selama 24 jam,.

Punah Karena Perburuan Oleh Manusia

Salah satu penyebab menipis nya populasi badak putih utara di dunia adalah karena perburuan liar. Di Cina, cula badak putih dianggap berkhasiat sebagai obat. Selain itu, penggunaan cula ini juga disebut sebagai pembeda kelas sosial.

Leave your vote

18 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?