8 Alasan Kenapa Jakarta Selalu Macet, Buang Waktu Banget!

Cape di jalan..

Jakarta Selalu Macet - GituAja

Jakarta Selalu Macet adalah pemikiran orang Jakarta pada saat ingin keluar rumah, memang di kota besar begitu banyak populasi yang tinggal tapi bukanlah ini alasan utama kenapa Jakarta Selalu Macet. Inilah 8 Alasan kenapa Jakarta Selalu Macet

 

1. Banyak proyek pembangunan yang memakan jalan

Jakarta Selalu Macet - GituAja
sindonews

Ini sering kita temui di mana-mana. Dan biasanya, proyek-proyek ini terjadi secara bersamaan, seperti pembangunan MRT ditambah dengan pembangunan underpass di Mampang-Kuningan. Belum lagi proyek-proyek kecil seperti galian di pinggir jalan yang terkadang dibiarkan terbengkalai. Akibatnya, ruas jalan jadi dipersempit atau bahkan dialihkan. Gak heran deh kalau macet terjadi.

2. Lupa mengecek saldo kartu e-toll

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Buat kamu pengguna jalan tol mungkin kerap menemukan hal ini. Seharusnya adanya transaksi elektronik bisa meminimalisir kemacetan dengan transaksi yang lebih cepat. Tapi jika ternyata saat transaksi saldo kurang, tidak hanya bikin jengkel para pengemudi lain di belakang tetapi juga petugas tolnya. Sehingga macet karena antrian yang lama gak bisa dihindari. Nah buat kamu pengguna kartu e-toll, selalu cek saldo dulu ya sebelum jalan!

3. Pejalan kaki yang nyebrang sembarangan

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Ini jadi pemandangan yang cukup sering dijumpai. Orang yang nyebrang sembarangan jadi bikin para pengemudi harus ngerem mendadak, diikuti oleh pengendara di belakangnya sehingga bisa bikin macet.

Saking parahnya, terkadang suka ada aja yang nyebrang di jalan tol lho! Menurut IDN Times sih, adanya jembatan penyebrangan juga gak terlalu banyak membantu karena banyak yang berpikir terlalu memakan waktu dan capek. Padahal ini menyangkut keselamatan mereka lho. Kamu jangan kayak gitu ya!

4. Tiap orang bawa kendaraan masing-masing

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Bisa jadi, sarana transportasi umum yang kurang memadai menyebabkan hal ini terjadi, selain karena peraturan yang membuat kepemilikan kendaraan yang mudah. Banyaknya jumlah kendaraan di jalan ini diakibatkan oleh semua orang membawa mobilnya.

5. Pengemudi lawan arah

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Hmmm, ini juga jadi makanan sehari-hari sih yang biasanya dilakukan oleh para pemotor. Jadinya seperti efek domino, satu orang melakukannya, semuanya pun ikutan. Jadi gak heran kalau bikin macet. Ini terjadi karena sebagian besar orang juga gak sabaran karena ingin menghindari macet.

6. Transaksi di tengah jalan

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Biasanya pas macet, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. Nah, adanya transaksi di jalan ini juga kerap bikin tersendat. Biasanya saat kendaraan sudah mulai bergerak, ada saja yang masih berhenti karena sedang transaksi.

7. Ada kecelakaan tapi orang-orang sibuk menonton

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Kamu pernah nemuin? Ya, ini juga jadi salah satu hal yang sering terjadi di Indonesia. Seakan kecelakaan adalah bahan tontonan, banyak orang yang berhenti di tengah jalan untuk melihatnya. Tentu saja hal ini bikin jalanan jadi tersendat. Mungkin akan lebih baik jika mau membantu dan melipir ke pinggir jalan terlebih dahulu agar gak mengganggu pengguna jalan yang lain.

8. Menyerobot lampu lalu lintas

Jakarta Selalu Macet - GituAja
Entah kenapa, banyak orang yang gak sabaran saat berhenti di lampu lalu lintas. Biasanya kondisinya seperti ini: lampu belum hijau tapi sudah menyerobot atau lampu sudah merah tapi tetap saja menerobos.

Tidak hanya berbahaya, tindakan ini bisa bikin macet kalau kondisi jalan sedang ramai. Jadi gak jarang juga bisa menyebabkan kemacetan makan waktu karena lalu lintas jadi ruwet di persimpangan.

Inilah ke-8 alasan Jakarta Selalu Macet , kamu ngerasain atau malah jadi pelakunya? jangan yah!

Leave your vote

11 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?