Akibat Sering Main Game, Playstation Thumb Adalah Salah Satunya

Akibat Sering Main Game, Playstation Thumb Adalah Salah Satunya

Memainkan game, selain punya manfaat positif juga punya efek negatif. Salah satu dampak buruk dari game yaitu penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa timbul akibat sering main game, salah satunya yaitu Playstatin Thumb. Apa sih Playstation thumb? Simak aja artikel selengkapnya di bawah ini kuy!

Akibat Sering Main Game, Playstation Thumb Adalah Salah Satunya

Nama penyakit yang satu ini mungkin sedikit aneh tapi keren yah, Playstation thumb. Sebenernya playstation thumb ini hanya istilah kondisi dimana ibu jari/ jempol yang gak normal akibat keseringan main game Playstation (PS). Dari segi medisnya sendiri, playstation/gamer’s thumb ini bernama DeQuervain Syndrome.

DeQuervain Syndrome adalah kondisi suatu bentuk peradangan yang disertai rasa nyeri dari selaput tendon yang berada di sarung synovial, yang menyelubungi extensor pollicis brevis dan abductor pollicis longus (Appley & Solomon,1995). Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dan main game termasuk salah satu nya.

Kondisi Playstation Thumb Akibat Sering Main Game Console, Berbahayakah?

Akibat Sering Main Game, Playstation Thumb Adalah Salah Satunya

Seperti yang udah disebutkan di atas, banyak hal yang bisa memicu terjadinya gamers thumb/playstation thumb ini, dan terlalu sering bermain game adalah salah satunya. Penggunaan joystick sebagai controller pada game console memang menuntut penggunaan cari kita secara berlebihan.

Gak heran buat orang yang bukan merupakan maniak games, bermain selama beberapa lama aja udah bikin tangan, khususnya jempol mereka nyeri. Belum lagi ada beberapa video game tertentu yang memang menuntut kerja ekstra dari ibu jari kita. Seperti pada console PSX, kalian mungkin pernah tau game Bishi Bashi Special.

Akibat Sering Main Game, Playstation Thumb Adalah Salah Satunya

Kondisi seperti ini kadang gak disadari oleh para gamers yang emang udah keranjingan memainkan game console mereka. Atau mungkin mereka sadar, tapi menganggap remeh hal ini. Tapi tau kah kalian kalo gamers thumb ini bakal mempengaruhi banget dalam aktivitas sehari-hari kita.

Gimana enggak, secara jempol itu punya fungsi yang vital dalam kegiatan sehari-hari. Kalian pasti pernah liat video No Thumb Challenge di internet kan? Kebayang gak susahnya ngapa-ngapain tanpa ada jempol? Karena itu, sebaiknya kita menghindari main game terlalu lama agar gak terkena Sindrom DeQuervain atau Gamers Thumb ini.

Terus kalo misalnya baru sadar kita menderita gamers thumb gimana penanganannya? Ada beberapa cara sih buat penanganan sindrom yang satu ini. Pertama kita harus rehat main game dulu beberapa saat. Terus kita bisa lakukan terapi seperti rendam air hangat, akupuntur, atau terapi menggunakan Rist Roller.

 

Leave your vote

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?