5 Pulau Yang Gak Cuma Punya Keindahan Alam Tapi Juga Menyimpan Berbagai Misteri

Sesekali ke tempat begini seru nih sob!!

pulau misteri - gitu aja

Memang alam itu selalu menyajikan pesona yang luar biasa di mata kita, tapi banyak juga yang masih menyimpan cerita misteri di dalamnya. Biasanya ada kejadian yang tidak wajar di beberapa tempat yang memberi kesan mistis. Entah karena bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat pembantaian atau hal lainnya.

Di berbagai tempat yang ada di Indonesia sendiri pun masih banyak yang memiliki cerita misteri atau berhantu, bahkan kita sering tertipu sama keindahan alamnya. Gituaja kali ini bakalan bahas 5 pulau yang tak hanya menyimpan keindahan tapi juga menyimpan cerita misteri. Pulau mana aja yak kira-kira, yukk lokiit sob!!

1. Pulau Galang, Batam

gituaja.com - 5 Pulau Misteri (1)
via mshachi.wordpress.com
gituaja.com - 5 Pulau Misteri (1.1)
via kompasiana.com

Galang sendiri adalah salah satu dari tiga pulau yang disebut Barelang (Batam-Rempang-Galang) di Kepulauan Riau. Dulunya, pernah terjadi peristiwa mengenaskan yang berlangsung antara tahun 1976-1996, banyak sekali orang yang dirampok, diperkosa bahkan dibunuh di pulau ini. Pulau ini juga pernah menjadi rumah bagi ribuan pengungsi Vietnam yang meninggalkan negaranya karena perang. Biarpun berkesan mengerikan, banyak juga wisatawan yang datang ke pulau ini untuk menikmati keindahan alamnya dibandingkan cerita mistisnya.

2. Pulau Onrust, Kepulauan Seribu

gituaja.com - 5 Pulau Misteri (2)
via kompasiana.com
gituaja.com - 5 Pulau Misteri (2.2)
via adikristanto.net

Pulau lainnya yang dikenal menyimpan misteri yaitu Pulau Onrust di Kepulauan Seribu dekat sama pelabuhan Muara Angke. Bagi sebagian orang, mereka menyebutnya Taman Arkeologi Onrust yang memiliki banyak banguna tua peninggalan Belanda yang masih menyimpan berbagai mistis. Di malam hari akan lebih terasa mistisnya karena pencahayaan yang kurang. Tapi sampai saat ini, masih banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung kesini.

3. Pulau Kelor, Kepulauan Seribu

via indahnyaperjalanan.com
gituaja.com - 5 Pulau Misteri (3)
via qubicle.id

Letaknya yang gak jauh dari pulau Onrust, pulau Kelor juga menjadi salah satu pulau yang masih menyimpan misteri di dalamnya. Banyak sekali peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng buatan VOC buat ngadepin serangan Portugis di abad ke 17. Bangunan tua ini yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat paling mistis ketika malam hari. Tetapi, banyak juga pengunjung yang mendirikan tenda untuk berkemah di pulau ini karena alamnya yang masih terjaga.

4. Pulau Sebira, Kepulauan Seribu

gituaja.com - 5 Pulau Misteri (4)
via travelingyuk.com
gituaja.com - 5 Pulau Misteri (4.1)
via watergius.wordpress.com

Pulau yang berada paling ujung dan jauh dari pusat kota membuat pulau ini menjadi objek wisata yang masih terbilang perawan sob. Disini juga ada bangunan tua kayak mercusuar setinggi 42 meter yang bisa jadi spot menarik untuk foto-foto sob, tapi siapa sangka kalo menara ini ternyata terbilang angker sob. Konon, ada beberapa penunggu yang masih mendiami menara itu. Well, hal itu jangan bikin lo nyerah buat kesini sob, soalnya pemandangan disini gokil sob. 😀

5. Pulau Cipir, Kepulauan Seribu

gituaja.com - 5 Pulau Misteri (5)
via backpackerjakarta.com
via penyukajalanjalan.com

Seperti yang kalian ketahui, sebagian besar pulau yang berhantu atau menyimpan misteri pasti memiliki bangunan yang sudah tua. Begitu juga sama pulau Cipir yang ada di Kepulauan Seribu. Disini ada bekas bangunan rumah sakit yang konon merupakan lokasi karantina pasien penyakit menular pada zaman Belanda sob. Kayak di film-film aja yak ;D. Bukan cuma itu sob, disini juga pada zaman kekuasaan Jepang, pulau Cipir menjadi salah satu tempat untuk eksekusi. Tapi sehoror apapun ceritanya sampai saat ini banyak banget yang dateng ke pulau ini buat liburan.

Nah itu dia sob 5 pulau yang gak cuma punya keindahan alam tapi juga punya cerita misteri. Masih berani gak sob dateng uji nyali kemari?? Tapi inget kalo kesini harus jaga kelakuan yah sob. Salam backpacker 😀

Leave your vote

17 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?

Leave a Reply