10 Film dengan Sosok Anti-Hero Terbaik yang Wajib Ditonton

Jika biasanya kita menikmati kisah-kisah heroik dalam film-film superhero atau sejenisnya, maka ada juga sosok hero lain yang tidak memiliki kualitas sempurna sebagai sosok yang pantas diidolakan. Istilah untuk karakter seperti ini adalah “Anti-Hero”. Para anti-hero ini tidak memiliki idealisme, keberanian atau sikap yang baik, meskipun di dalam hatinya dan apa yang dilakukannya adalah bertujuan baik.

Kecenderungan untuk bersikap buruk pada mereka selalu ada, jika diberikan kesempatan. Ada beberapa anti-hero yang bersikap pemberontak, suka berbohong, dan memiliki keagresifan yang tinggi. Pastinya, di mata orang lain yang tidak mengenal sosoknya begitu dekat, anti-hero hanyalah tipe orang yang suka berbuat kerusakan saja.

Di dunia perfilman, banyak karakter anti-hero yang dimunculkan. Mayoritas berasal dari dunia komik, baik itu dari DC Comics, Marvel atau yang lainnya. Film-film berikut ini juga kebanyakan berasal dari karakter komik, tetapi ada beberapa di antaranya yang bukan. Yang manakah sosok anti-hero favorit kalian?

1. Escape from New York – 1981

Anti-Hero - GituAja

Snake Plissken adalah mantan letnan di ketentaraan USA yang pernah memimpin pasukan khusus. Kemudian dia memasuki dunia kriminal setelah mengkhianati negaranya dengan membocorkan rahasia USA kepada Uni Soviet setelah orang tuanya dibakar hidup-hidup di dalam rumahnya oleh pasukan khusus kepolisian.

Tetapi karena kemampuan militer dan bela diri yang sangat baik, jasanya kembali digunakan oleh pemerintah USA untuk menyelamatkan presiden yang disandera oleh kelompok pembajak dengan jaminan dia akan dibebaskan dari penjara.

Film action karya sutradara John Carpenter ini menampilkan Kurt Russell sebagai Snake Plissken dengan ciri khas mata satunya dengan seting New York di masa depan, yaitu tahun 1997. Terbilang cukup sukses, sequel-nya kemudian dirilis pada 1996 dengan judul Escape from L.A.

2. The Punisher – 1989

Anti-Hero - GituAja

Salah satu anti-hero Marvel Comics ini dikenal dengan gambar tengkorak di bajunya. Nama aslinya adalah Frank Castle. Dia menjadi Punisher sebagai cara untuk membalas dendam atas kematian istri dan anaknya yang dibunuh oleh mafia. Kebrutalannya seolah tanpa ampun.

Sudah tiga film dirilis tentang Punisher ini, yaitu The Punisher (1989) dengan bintang Dolph Lundgren, The Punisher (2004) dengan Thomas Jane dan Punisher: War Zone (2008) dengan Ray Stevenson yang kesemuanya tidak berhasil sukses secara kualitas dan komersial tetapi sangat dicintai oleh para fans-nya.

3. Spawn – 1997

Anti-Hero - GituAja

Kehadiran pertama kali Spawn adalah lewat komik yang dirilis oleh Image Comics di tahun 1992. Tidak butuh waktu lama untuk kemudian difilmkan dengan bintang Michael Jai White sebagai sosok superhero Afrika-Amerika pertama dalam sejarah perfilman.

Sosok Spawn adalah tentara bernama Al Simmons yang tewas dibunuh dan dihidupkan kembali untuk memimpin pasukan Iblis dalam memerangi Surga. Tetapi, Spawn menolaknya bahkan menjadi lawan tangguh bagi pasukan dari neraka. Kemampuannya hampir tidak terbatas, terutama dia bisa berubah-ubah bentuk sesuai yang dia inginkan.

Semua kemampuan ini memang belum tergambar semua dalam film yang sayangnya tidak sukses meski masih menyimpan harapan akan dibuatkan kembali reboot-nya. Kita tunggu saja

4. Pitch Black – 2000

Anti-Hero - GituAja
derekwinnert

Pitch Black [2000] Film yang melambungkan nama Vin Diesel di industri perfilman Hollywood ini menampilkan sosok Richard B. Riddick, seorang tahanan kelas atas yang selalu bisa melarikan diri dari kejaran yang berwajib.

Berseting di luasnya alam semesta dari planet ke planet, menambah seru perburuan ini. Meski seorang kriminal, tetapi dia tetap menolong yang lemah dari serbuan kejahatan lainnya, terutama dari sosok monster dan alien. Sudah tiga film yang dirilis tentang Riddick yang semuanya diperankan oleh Vin Diesel, yaitu Pitch Black (2000), The Chronicles of Riddick (2004) dan Riddick (2013).

5. The Transporter – 2002

Sosok Frank Martin sebagai transporter sangat melekat pada diri Jason Statham, sehingga ketika diperankan Ed Skrein tidak begitu sedahsyat dirinya. Sebagai mantan tentara pasukan khusus, Martin sangat cekatan dan taktis dalam mengantarkan paket yang dirinya sendiri tidak boleh tahu apa isi paket tersebut (meski di setiap filmnya paketnya selalu manusia).

Di tengah perjalanan, pastinya banyak yang menginginkan orang yang dibawanya, entah dengan motif apapun, sehingga memancing perkelahian dan adegan-adegan action yang seru.

Trilogy pertamanya dengan Jason Statham sebagai Frank Martin tampil cukup baik, yaitu The Transporter (2002), Transporter 2 (2005) dan Transporter 3 (2008). Kemudian franchise ini di-reboot pada tahun 2015 dalam The Transporter Refueled dengan Ed Skrein sebagai Frank Martin baru.

6. Hellboy – 2004

Anti-Hero - GituAja

Hellboy adalah karakter anti-hero yang berasal dari dunia komik sejak tahun 1993 yang dirilis oleh Dark Horse Comics. Dia adalah makhluk dari neraka dengan penampilan seperti monster bertanduk, tetapi tanduknya selalu dikikir sehingga tumpul.

Badannya merah dan tingkahnya sangat slenge’an dengan cerutu selalu ada di mulutnya, bahkan ketika sedang bertarung dengan musuhnya. Tangan kanannya lebih besar yang menjadi senjata pamungkasnya. Dua filmnya disutradarai oleh Guillermo del Toro dan diperankan oleh Ron Pearlman, yaitu Hellboy (2004) dan Hellboy II: The Golden Army (2008).

7. Constantine – 2005

Anti-Hero - GituAja

John Constantine adalah sosok anti-hero yang berasal dari komik rilisan DC Comics lewat anak perusahaannya, Vertigo Comics. Dia adalah seorang detektif yang kemudian menolong manusia mengusir setan dan iblis dari tubuh mereka, bahkan dia mampu mengejar setan itu sampai ke neraka, karena dirinya telah membuat kesepakatan dengan Lucifer, sang raja iblis.

Dalam filmnya, Constantine diperankan dengan sangat baik oleh Keanu Reeves yang dingin dan sangat sinis dalam menatap kehidupan. Meski sukses secara komersial dan kualitas, masih belum ada rencana untuk membuat kelanjutan kisah Constantine ini.

8. Hancock – 2008

Anti-Hero - GituAja

 

Karakter yang diperankan oleh Will Smith ini bukanlah dari komik dan memiliki cerita yang unik tentang sosok superhero yang suka mabuk dan tampil seperti gelandangan, serta tidak sadar akan kekuatannya sendiri.

Ketika dirinya tahu jika dia memiliki kekuatan superhero, malahan banyak kerusakan yang terjadi sampai akhirnya dia bisa memahami maksud keberadaannya di dunia ini, yaitu menyelamatkan umat manusia dari kehancuran. Digarap dengan nuansa komedi yang cukup kental dan banyak adegan dengan special-effects yang efektif, pastinya sangat memuaskan bagi yang pernah menontonnya.

9. Machete – 2010

Anti-Hero - GituAja

Pertama kali hadir sebagai trailer bohongan di Grindhouse (2007), ternyata banyak yang penasaran dengan karakter ini hingga akhirnya hadir juga di tahun 2010, tetap dengan Danny Trejo sebagai pemerannya dan disutradarai oleh Robert Rodriguez.

Sebagai mantan polisi Meksiko, dirinya memang sudah dilengkapi dengan skill yang baik dalam menumpas musuh, sehingga ketika dirinya dikhianati dan berusaha untuk dibunuh, hanya balas dendam yang ada di benaknya.

Bisa dibilang sukses lewat film pertamanya, kemudian sequel-nya hadir di tahun 2013 dengan judul Machete Kills dengan cerita yang lebih ringan sehingga tidak bisa tampil lebih baik dari film pertamanya

10. Deadpool – 20016

Anti-Hero - GituAja

Superhero konyol dan cerewet ini sangat ditunggu oleh para moviegoers dan fans-nya. Untung saja filmnya tampil dengan baik dan tidak mengecewakan. Pertama kali muncul di film X-Men Origins: Wolverine (2009), anti-hero yang diperankan oleh Ryan Reynolds ini mencuri perhatian penonton.

Karakternya yang banyak bicara dan selalu mengejek lawan-lawannya ini, ternyata cukup tangguh dan terampil dalam pertarungan, bahkan dengan lawan yang sangat mustahil. Apalagi dirinya dilengkapi dengan kemampuan regenerative healing yang membuatnya susah untuk dibunuh.

Dalam filmnya, banyak bahan lelucon yang ditampilkan adalah berupa sindiran-sindiran terhadap banyak hal, terutama para superhero lainnya. Makanya, para penonton harus membekali diri dulu dengan banyak referensi film supaya bisa mengerti dengan lelucon yang dilontarkan oleh Deadpool ini.

Itulah sepuluh sosok anti-hero yang pernah ditampilkan di dalam layar lebar dari sekian banyak sosok anti-hero lainnya. Kekurangan mereka dalam hal moral atau tata krama tidak mengurangi niat mereka untuk berbuat baik dan menolong sesamanya, bahkan jika harus menyelamatkan seluruh umat manusia. Banyak yang tidak suka dengan mereka, tetapi tidak sedikit juga yang cinta dengan para karakter ini. Jadi yang mana sosok anti-hero favorit kalian

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Komentar Kamu?